Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengguna Internet China Tembus 1 Miliar

KOMPAS.com - Pengguna internet di China terus meningkat dari tahun ke tahun.

Lembaga statistik China Internet Network Information Center (CNNIC) mencatat jumlah pengguna internet di sana sudah menembus angka 1,011 miliar untuk pertama kalinya di dunia.

Angka tersebut tercatat pada Juni 2021 lalu dan meningkat 8 persen dibanding akhir 2020.

Dari jumlah tersebut, sekitar 28 persen pengguna berasal dari kategori usia paruh baya (sekitar 35-45 tahun) dan 50 tahun ke atas. Dua kategori usia ini juga menjadi pengguna internet dengan jumlah terbanyak di China.

Di daerah pedalaman China sendiri, pengguna internet kini mencapai angka 297 juta. Sementara itu, pengguna 5G di sana sudah menyentuh angka 392 juta.

Menurut CNNIC, peningkatan jumlah pengguna internet di Negeri Tirai Bambu didorong oleh pandemi, di mana beragam kegiatan memang dianjurkan untuk dilakukan secara jarak jauh.

Sehingga, tak aneh apabila pengguna yang menikmati beragam layanan online pun bakal meningkat drastis, yang berujung pada peningkatan pengguna internet secara keseluruhan.

Berdasarkan data CNNIC, rata-rata pengguna di China kini menghabiskan waktunya di dunia maya sekitar 26,9 jam per minggu. Pengguna yang memanfaatkan aneka layanan pengantaran online, misalnya, kini meningkat 15 persen ke 469 juta.

Lalu, layanan ride-hailing juga meningkat 17 persen ke 395 juta pengguna, diikuti dengan peningkatan pengguna di layanan kesehatan online ke angka 239 juta dan mobile office ke angka 381 juta pengguna.

Jumlah pengguna beragam aplikasi hiburan juga turut meroket. Jumlah pengguna Douyin -aplikasi TikTok versi lokal China- misalnya, kini mencapai 943 juta, meningkat 6 persen dari tahun lalu.

Selain itu, jumlah pengguna yang menikmati beragam konten live streaming juga meningkat 13 persen ke angka 637 juta.

Kemudian, jumlah pengguna yang berbelanja online per Juni 2021 juga meningkat 8 persen ke 812 juta, diiringi dengan jumlah pengguna e-payment yang turut meningkat 7 persen pula ke angka 872 juta.

China sendiri memang dikenal sebagai negara yang memiliki pengguna internet terbanyak di dunia selama beberapa tahun ke belakang.

Sebab, jumlah populasi penduduk di China juga terbanyak di dunia karena mencapai lebih dari 1,4 miliar orang, apabila mengacu pada data Worldometers.

Berdasarkan data Statista per Januari 2021, China sendiri masih menduduki posisi teratas jumlah pengguna internet terbanyak di dunia dengan angka 939 juta, disusul India dan Indonesia yang masing-masing memiliki 624 juta dan 202 juta pengguna internet.

https://tekno.kompas.com/read/2021/08/30/07050047/pengguna-internet-china-tembus-1-miliar

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.