Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menonaktifkan Sementara WhatsApp Tanpa Uninstall

Namun, tidak demikian dengan WhatsApp. Pengguna tidak bisa keluar masuk akun seperti media sosial lain. Sebab, WhatsApp tidak menyediakan tombol "sign out".

Meskipun saat ini masih belum ada cara untuk menonaktifkan atau keluar dari akun WhatsApp dalam waktu terbatas, ada trik bisa dilakukan untuk menonaktifkan sementara WhatsApp tanpa uninstall.

Melakukan force stop

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menghentikan secara paksa kinerja WhatsApp di dalam perangkat.

Untuk melakukan hal tersebut, pengguna cukup masuk ke menu pengaturan (setting) ponsel, kemudian buka menu "aplikasi".

Setelah itu, pilih aplikasi WhatsApp. Nantinya, pengguna akan dihadapkan pada beberapa opsi, salah satunya adalah "force stop". Tekan tombol tersebut untuk menghentikan kinerja WhatsApp.

Setelah itu, Anda bisa memilih opsi untuk menonaktifkan "background data" dan mencabut semua izin aplikasi untuk WhatsApp.

Perlu diketahui, apabila Anda melakukan force stop pada WhatsApp, maka pengirim pesan hanya bisa melihat keterangan centang satu pada pesan yang dikirimkan kepada Anda.

Dengan memilih opsi ini, Anda bisa menghentikan kinerja Whatsapp tanpa harus menghapus aplikasinya. Anda akan tetap mendapatkan pesan apabila kembali membuka aplikasi WhatsApp.

Selain itu, untuk menghindari "gangguan" dari notifikasi WhatsApp yang kerap menggangu, Anda juga bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

Nonaktifkan nada dering WhatsApp

Cara paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan mematikan nada dering WhatsApp.

Untuk menonaktifkan nada dering Whatsapp, Anda bisa menggunakan menu pengaturan yang ada di aplikasi.

Anda perlu membuka aplikasi Whatsapp kemudian pilih menu titik tiga vertikal di bagian kanan atas. Kemudian pilih opsi Notifikasi.

Setelah itu Anda akan melihat halaman baru yang terdiri dari opsi nada percakapan, nada notifikasi pesan, nada notifikasi grup, hingga nada notifikasi untuk panggilan.

Anda bisa memilih nada notifikasi dengan pilihan "hening" atau "silent" yang tersedia di ponsel Anda.

Matikan notifikasi pop-up

Cara ini sesuai dengan pengaturan Andorid secara umum, Anda bisa membuka menu pengaturan pada ponsel, kemudian pilih menu "aplikasi" dan buka opsi "daftar aplikasi".

Kemudian, pengguna akan disodori daftar aplikasi yang telah diinstal di ponsel. Pilihlah aplikasi WhatsApp.

Ketuk pemberitahuan dan nonaktifkan semua pemberitahuan WhatsApp. Anda juga bisa menonaktifkan getaran dan pop-up pesan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gadgetsnow, Senin (30/8/2021),

Matikan lampu Notifikasi

Cara menonaktifkan lampu notifikasi cukup sederhana, Anda cukup membuka aplikasi WhatsApp, kemudian buka menu pengaturan, dan pilih opsi pemberitahuan atau notifikasi.

Kemudian pilih opsi "light" atau cahaya dan pilih opsi "tidak ada". Dengan melakukan cara ini, Anda akan terus mendapatkan pesan WhatsApp di latar belakang, tetapi tidak akan pernah mendapatkan notifikasi cahaya.

Apabila Anda ingin mengetahui pesan apa saja yang Anda terima, Anda cukup membuka Aplikasi tersebut untuk membaca semua pesan-pesan penting.

Bagaimana mudah bukan?

https://tekno.kompas.com/read/2021/08/30/17240057/cara-menonaktifkan-sementara-whatsapp-tanpa-uninstall

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke