Salin Artikel

Cara Menggunakan Picture-in-Picture YouTube di Laptop, Android, dan iOS

Sesuai namanya, Picture-in-Picture akan memutar video di dalam sebuah jendela kecil alias floating window yang bisa diatur ukuran dan letaknya di layar.

Pip bisa diaktifkan di YouTube versi web di PC atau laptop maupun di aplikasi YouTube di gadget mobile seperti smartphone berbasis Android dan iOS. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah berikut.

Cara Mengaktifkan PiP YouTube di Laptop

Youtube versi web diakases melalui peramban seperti Chrome atau Safari di komputer desktop maupun laptop. Untuk mengaktifkan PiP, cukup putar salah satu video, kemudian klik kanan di area manapun dalam jendela video.

Abaikan menu drop-down yang muncul, kemudian klik kanan sekali lagi untuk menampilkan menu lain yang berbeda. Di sini ada opsi berbunyi "Picture-in-Picture" yang bisa di-klik untuk mengaktifkannya.

Ukuran floating window yang memuat tampilan video bisa diubah dengan cara meng-klik dan menggeser sisi pinggir, seperti saat resize jendela aplikasi biasa. Posisinya di tepi layar juga bisa diubah dengan drag and drop.

Saat video dalam mode PiP sudah diatur, pengguna bisa membuka jendela lain, misalnya seperti Office 360 atau mungkin Zoom, tanpa perlu menyetop video YouTube yang sedang diputar.

Cara Mengaktifkan PiP YouTube di Android

Selain di YouTube versi web, fitur Picture-in-Picture juga tersedia di YouTube versi mobile di perangkat Android.

Laman resmi Google Support menyebutkan bahwa fitur PiP dapat dijalankan pada perangkat yang memiliki sistem operasi Android versi 8.0 (Oreo) dan yang lebih baru.

Perlu dicatat bahwa mode PiP pada smartphone hanya berlaku pada video YouTube yang diputar melalui peramban mobile. Hanya pengguna YouTube Premium yang bisa mengaktifkan PiP di aplikasi YouTube.

Untuk menonton video dalam mode PiP, pengguna Android yang berlangganan YouTube Premium perlu mengaktifkan dahulu pengaturannya di aplikasi YouTube melalui menu Settings. Caranya sebagai berikut.

  • Buka menu Pengaturan > manajemen aplikasi > daftar aplikasi > Chrome > PiP > aktifkan.
  • Kemudian, bukalah video yang ingin diputar dalam mode full screen.
  • Tekan tombol "home" untuk kembali ke layar utama ponsel.
  • Video tadi akan tetap diputar dalam bentuk jendela yang lebih kecil (PiP) dan bisa digeser-geser posisinya.

Sama seperti di YouTube versi web di desktop, jendela PiP di peramban mobile ini pun akan tetap terbuka ketika pengguna menjalankan aplikasi lain.

Di sisi bawah ada tombol kendali untuk pause dan berpindah ke video lain. Untuk menutup jendela PiP, klik tombol "x" di sisi kanan atas.

Cara Mengaktifkan PiP YouTube di iOS

Fitur Picture-in-Picture sebenarnya belum resmi tersedia di perangkat iOS seperti iPhone dan iPad. Namun, baru-baru ini YouTube mengundang para pemilik perangkat iOS yang berlangganan YouTube premium untuk menjajal PiP lewat program eksperimental.

Program eksperimen PiP untuk iOS berlaku hingga 31 Oktober mendatang. Tanggal itu kemungkinan merupakan waktu rilis resminya. Sambil menunggu, pengguna iOS bisa mencoba Picture-in-Picture lewat program uji coba YouTube.

Caranya sebagai berikut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5Google, Senin (30/8/2021).

https://tekno.kompas.com/read/2021/08/30/19370097/cara-menggunakan-picture-in-picture-youtube-di-laptop-android-dan-ios

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.