Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

China Perketat Aturan Main Game Online, 1 Jam Sehari di Akhir Pekan

Termasuk salah satu upayanya adalah dengan menekan perusahaan game online besar, seperti Tencent dan NetEase. Sesuai aturan baru yang digulirkan pemerintah, perusahaan gaming harus membatasi durasi bermain game bagi pengguna anak-anak dan remaja.

Anak-anak di bawah usia 18 tahun di China kini hanya boleh bermain game selama satu jam, mulai pukul 20.00-21.00 saja. Bermain game juga hanya boleh dilakukan setiap akhir pekan, yakni hari Jumat, Sabtu, dan Minggu serta hari libur nasional.

Durasi ini lebih singkat dibanding aturan sebelumnya yang ditetapkan pada 2019 lalu, di mana anak-anak dan remaja dibatasi bermain game online selama 1,5 jam setiap harinya.

Untuk memastikan aturan berjalan dengan baik, perusahaan gaming diminta untuk membatasi game play di luar jam tersebut. Pengguna juga diharuskan memiliki nama asli untuk proses verifikasi.

Dihimpun dari Bloomberg, semua game online juga harus ditautkan ke sistem anti-kecanduan yang telah disiapkan negara.

Selain itu, regulator juga akan bekerja sama dengan pihak sekolah dan orangtua untuk melawan kecanduan game di kalangan remaja China, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Selasa (31/8/2021).

Sebelumnya, Tencent juga memiliki strategi sendiri untuk menangkal kecanduan game. Perusahaan teknologi raksasa itu menggunakan teknologi pemindai wajah atau face recognition.

Mereka juga memberlakukan operasi "Midnight Patrol" yang akan memantau pemain-pemain yang memainkan game sampai larut malam, antara pukul 22.00-08.00.

Ketika mereka memainkan seluruh game besutan Tencent di periode tersebut dalam durasi yang cukup lama, maka Tencent bakal mewajibkan pengguna untuk memindai wajah mereka.

Tencent dan perusahaan gaming lain mengklaim bahwa anak-anak hanya menyumbang sebagian kecil dari bisnis mereka.Porsinya semakin kecil setelah pembatasan.

Tencent mengatakan pendapatan dari pengguna anak di bawah umur menghasilkan kurang dari 3 persen dari total pendapatan kotor game di China.

https://tekno.kompas.com/read/2021/08/31/09034237/china-perketat-aturan-main-game-online-1-jam-sehari-di-akhir-pekan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke