Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Deretan Ponsel yang Siap Meluncur Bulan September, Galaxy S21 FE, iPhone 13, dan Pixel 6

Setidaknya ada tiga model yang banyak dirumorkan, yakni Samsung Galaxy S21 FE, Google Pixel 6, serta jajaran Apple iPhone 13.

Bocoran spesifikasi mereka berikut tanggal rilisnya adalah sebagai berikut, seperti dihimpun KompasTekno dari Android Authority, Kamis (2/9/2021).

Usai meluncurkan dua smartphone lipat terbarunya pada 11 Agustus lalu, Samsung dikabarkan bakal merilis Galaxy S21 FE pada bulan ini.

Indikasi kehadiran smartphone "Fan Edition" tersebut diungkap oleh akun Twitter dengan handle @MauriQHD. Menurutnya, Galaxy S21 FE akan meluncur pada 8 September 2021.

Melalui sebuah posting, Mauri QHD mengaku bawa ia mendapatkan bocoran langsung dari salah satu karyawan Samsung.

Galaxy S21 FE terlihat saat situs tersebut sedang menampilkan iklan YouTube Premium. Iklan tersebut turut mencantumkan nama Galaxy S21 FE beserta jajaran seri Galaxy S21 lainnya, seperti Galaxy S21, Galaxy S21 Plus, dan Galaxy S21 Ultra.

Sementara itu, bocoran spesifikasi dari ponsel ini juga sempat muncul dalam sebuah listing Google Play Store Console.

Disebutkan bahwa Galaxy S21 FE akan ditenagai chip Qualcomm Snapdragon 888 (SM8350). Beberapa rumor lain mengatakan bahwa Samsung akan membekali ponsel ini dengan chip bikinannya sendiri, yakni Exynos 2100.

Ponsel ini dipercaya akan hadir dalam kombinasi RAM 6 GB/8 GB dan memori penyimpanan 128 GB/ 256 GB.

Setiap tahunnya, Apple dikenal sebagai vendor yang rutin meluncurkan ponsel generasi terbaru di bulan September. Apabila mengacu pada tradisi tersebut, maka Apple diperkirakan akan kembali merilis lini iPhone 13 series pada September 2021.

Indikasinya diperkuat dari rumor yang diungkap oleh pembocor asal China @Pandalsbald. Ia memprediksi bahwa Apple akan meluncurkan generasi penerus dari iPhone 12 pada 14 September mendatang.

Tidak hanya satu, Apple diyakini akan meluncurkan empat model iPhone 13 sekaligus. Adapun keempatnya terdiri dari iPhone 13 "reguler", iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max.

Selain tanggal peluncuran, @Pandalsbald turut mengungkap bocoran jadwal penjualan dari keempat iPhone 13 series ini. Berdasarkan tangkapan layar yang ia bagikan dalam sebuah posting di situs Weibo, iPhone 13 series akan mulai bisa dipesan pada 17 September.

Selanjutnya, sesi penjualan perdana iPhone 13 series diperkirakan bakal digelar pada 24 September mendatang. Dibandingkan dengan pandahulunya, iPhone 13 series diprediksi akan membawa sejumlah peningkatan. Salah satunya dari segi system-on-chip berupa A15 Bionic.

Selain itu, ponsel terbaru Apple ini konon menawarkan kapasitas penyimpanan hingga 1 TB dengan RAM 8 G, dan baterai mencapai 4.352 mAh.

Pada akhir Juli lalu, Google mengunggah sebuah cuplikan video yang mengungkap wujud dari dua smartphone terbaru yang akan dirilisnya, yakni Pixel 6 dan Pixel 6 Pro.

Tidak banyak informasi yang diungkap melalui cuplikan tersebut. Tanggal rilis kedua smartphone ini pun masih menjadi misteri, hingga dibocorkan baru-baru ini oleh @Pandalsbald.

Melalui sebuah posting di Weibo, @Pandalsbald mengungkap bocoran tanggal rilis dari Pixel 6 dan Pixel 6 Pro. Kedua ponsel ini disinyalir bakal dirilis pada 13 September mendatang.

Apabila rumor tersebut terbukti benar, maka Google agaknya sengaja mencuri waktu start dari Apple yang kabarnya bakal merilis iPhone 13 series pada 14 September 2021.

Dari segi spesifikasi, nampaknya Pixel 6 akan mengusung layar seluas 6,4 inci QHD Plus dengan refresh rate hingga 90 Hz. Sedangkan untuk versi "Pro" dipercaya akan memiliki spesifikasi layar yang lebih tinggi, yakni  6,7 inci QHD Plus dengan refresh rate 120 Hz.

Perbedaan lain dari kedua smartphone ini kabarnya terletak pada kamera belakang. Pixel 6 konon hanya dibekali dengan dua kamera belakang, sementara Pixel 6 Pro dibekali tiga kamera punggung.

Adapun konfigurasi kamera punggung Pixel 6 Pro terdiri dari kamera utama (wide) kamera ultra-wide, dan kamera telefoto 4x.

Keduanya ditengarai akan ditenagai oleh Tensor, sebuah chip yang dirancang khusus untuk smartphone Pixel series. Namun, beberapa rumor lain menyebut bahwa Pixel 6 dan Pixel 6 Pro akan diotaki oleh chip Exynos 9855 bikinan Samsung.

https://tekno.kompas.com/read/2021/09/02/08210087/deretan-ponsel-yang-siap-meluncur-bulan-september-galaxy-s21-fe-iphone-13-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke