Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jumlah Pengguna Ponsel di Dunia Tembus 5 Miliar

Hal itu membuat ponsel semakin dibutuhkan, tidak sekadar untuk komunikasi tapi juga penunjang pekerjaan dan kegiatan sehari-hari. Menurut survei terbaru, jumlah pengguna ponsel di dunia saat ini sudah lebih dari separuh penduduk Bumi.

Laporan dari Stock Apps memaparkan, jumlah pengguna ponsel di dunia mencapai 5,3 miliar pada bulan Juli 2021. Jumlah tersebut merepresentasikan 67 persen, atau lebih dari separuh total populasi penduduk Bumi yang sekitar 7,9 miliar.

Menurut laporan Stock Apps, Eropa menjadi penyumbang penetrasi ponsel terbesar. Sebanyak 86 persen penduduk Eropa disebut sudah menggunakan ponsel. Diprediksi, penetrasi ponsel di Eropa akan naik ke angka 87 persen pada 2025.

Kemudian, Amerika Utara menjadi wilayah terbesar kedua, di mana 85 persen penduduknya sudah menggunakan ponsel. Untuk wilayah Asia Pasifik, Stock Apps menyebut 58 persen penduduknya sudah menggunakan ponsel.

Wilayah Asia Pasifik yang dimaksud tidak termasuk China, Hong Kong, Makau, dan Taiwan.
Khusus untuk empat wilayah tersebut, penetrasi ponsel disebut mencapai 83 persen dan diprediksi naik menjadi 85 persen pada 2025.

Trafik data naik dan dominasi Android

Penggunaan ponsel pintar atau smartphone ditaksir mencapai 6,4 miliar atau 79 persen dari total koneksi secara global. Angka itu jauh lebih tinggi dibanding penetrasi perangkat pintar lain, seperti tablet dan PC portabel, di mana penterasinya mencapai 3,8 persen atau 310 juta unit.

Trafik data global di pertengahan tahun 2021 juga disebut meningkat. Rata-rata trafik data perangkat mobile menembus 66 eksabita, atau sekitar 66 juta TB pada kuartal I-2021. Angka tersebut naik 68 persen dari tahun ke tahun.

Perangkat berbasis Android mendominasi hampir 73 persen dari total trafik data, 1,8 persen lebih sedikit dibanding periode yang sama tahun lalu. Sementara iOS menguasai 26,3 persen pangsa pasar.

Laporan tersebut juga mengurutkan negara mana yang mematok harga layanan internet di dunia.

Yunani menjadi negara dengan tarif internet termahal, di mana paket data 1 GB dibanderol 8,16 dollar AS (sekitar Rp 116.000).

Negara maju seperti Amerika Serikat dan Inggris, membanderol paket data 1 GB sekitar 3,33 dollar AS (sekitar Rp 47.500) dan 1,42 dollar AS (sekitar Rp 20.200).

Negara lain, yakni Israel, Italia, dan Rusia, mematok harga paket data 1 GB yang lebih rendah, yakni kurang dari 1 dollar AS (sekitar Rp 14.500).

https://tekno.kompas.com/read/2021/09/02/09144137/jumlah-pengguna-ponsel-di-dunia-tembus-5-miliar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke