Salin Artikel

Samsung Umumkan Isocell HP1, Sensor Kamera 200 MP untuk Ponsel

Isocell HP1 diklaim menjadi sensor kamera ponsel pertama Samsung dan di industri mobile yang mendukung resolusi 200 MP. Sensor ini mengusung format 1/1,22 inci dengan ukuran native tiap piksel 0,64 mikron.

Secara fitur, sensor gambar ini dibekali dengan teknologi dynamic pixel binning untuk meningkatkan kualitas gambar yang dijepret. Teknologi ini akan menyesuaikan metode penggabungan gambar atau pixel binning mana yang cocok untuk pemotretan berdasarkan kondisi pencahayaan.

Teknologi yang juga dijuluki ChameleonCell tersebut bisa menghasilkan gambar tanpa pengabungan piksel (full-pixel rendering), 2x2 pixel binning, atau 4x4 pixel binning.

Ketika menggunakan teknik 2x2 pixel binning, resolusi gambar yang dihasilkan akan mentok di 50 MP, dengan ukuran tiap piksel 1,28 mikron.

Sedangkan di mode 4x4 pixel binning, resolusinya hanya mencapai 12,5 MP dengan ukuran tiap pixel 2,65 mikron.

Meski resolusinya dipangkas, teknik pixel binning esensinya bisa meningkatkan kualitas gambar agar tiap detailnya makin tajam, terlebih dalam kondisi low-light.

Beralih ke aspek video, Isocell HP1 mendukung mode perekaman 8K dengan frame rate 30 FPS, 4K dengan 120 FPS, serta perekaman gambar dengan bidang pandang yang lebih lebar.

Sensor kamera ini mendukung resolusi 50 MP dan mengusung format 1/1,57 inci dengan ukuran native piksel 1 mikron.

Samsung mengklaim ISOCELL GN5 merupakan sensor kamera ponsel 50 MP pertama di dunia yang dibekali dengan teknologi autofocus Dual Pixel Pro.

Teknologi tersebut memungkinkan sensor menerapkan fokus secara cepat dan otomatis ke segala arah.

Untuk meningkatkan kualitas gambar, Isocell GN5 mengandalkan teknik 2x2 pixel binning yang diklaim bisa menciptakan gambar beresolusi 12,5 MP yang detail meski dalam kondisi minim cahaya.

Sensor gambar ini juga dibekali dengan fitur Front Deep Trench Isolation (FDTI) yang memungkinkan sensor menyerap banyak cahaya untuk mengurangi noise berlebih dalam saat menangkap gambar.

Untuk kemampuan video, sensor tersebut mendukung mode perekaman yang sama dengan Isocell HP1 yakni 8K dengan frame rate 30 FPS, 4K dengan 120 FPS, serta perekaman gambar dengan bidang pandang yang lebih lebar.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Sammobile, Jumat (3/9/2021), ponsel dengan kamera yang dibekali dengan sensor gambar Isocell GN5 dan Isocell HP1 kemungkinan bakal hadir tahun depan.

"Dengan terobosan yang diberikan ISOCELL HP1 dan fitur autofocus gesit ISOCELL GN5, Samsung bakal terus memimpin tren untuk teknologi sensor gambar generasi terbaru," ujar Executive VP Camera Sensor Business Samsung Electronics, Duckhyun Chang.

https://tekno.kompas.com/read/2021/09/03/10463647/samsung-umumkan-isocell-hp1-sensor-kamera-200-mp-untuk-ponsel

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.