Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bukti Pengguna Android Tidak Berminat Ganti iPhone 13

Setidaknya begitulah hasil survei yang dilakukan oleh sebuah marketplace dan situs perbandingan harga smartphone, SellCell terhadap lebih dari 5.000 pengguna Android berusia di atas 18 tahun, yang berdomisili di Amerika Serikat.

Hasil survei tersebut mengungkapkan, sebanyak 82 persen pengguna Android tidak berminat untuk beralih ke iPhone 13. Sisanya, sebanyak 18 persen responden mungkin mempertimbangkan untuk beralih ke ponsel suksesor iPhone 12 itu.

Dari segi loyalitas, "kesetiaan" pengguna Android ini tergolong meningkat. Sebab, tahun lalu, tercatat ada sekitar 33 persen pengguna Android yang mempertimbangkan untuk mengganti ponsel dan beralih menggunakan iPhone 12.

Alasan tak minat beralih ke iPhone 13

Kali ini, ada sejumlah alasan yang membuat pengguna ponsel Android tak berminat mengganti ponselnya ke iPhone 13.

Salah satu alasan utamanya adalah tak ingin kehilangan fitur in-display fingerprint alias pemindai sidik jari di bawah layar yang umum ditemukan di ponsel Android kelas menengah ke atas. Sebanyak hampir 32 persen pengguna Android memilih alasan ini.

Sebenarnya, menurut bocoran yang beredar, layar iPhone 13 bakal dibekali pemindai sidik jari -kali ini teritegrasi di layar- sehingga mengembalikan fungsi Touch ID yang absen semenjak digantikan oleh Face ID.

Namun belakangan, fitur Touch ID ini dirumorkan tak jadi disematkan pada iPhone 13.

Sementara 12 persen pengguna Android lainnya berpendapat bahwa ponsel Android menawarkan spesifikasi hardware dan desain yang lebih baik ketimbang iPhone 13.

Tak hanya itu, rencana Apple untuk memindai produk iPhone di AS dari gambar pelecehan seksual anak ini juga menjadi alasan 10,4 pengguna Android enggan beralih ke iPhone 13, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PhoneArena, Jumat (3/9/2021).

Sebagai informasi, rencananya, Apple akan menggunakan alat bernama neuralMatch. Alat yang dirancang untuk mendeteksi gambar pelecehan seksual anak ini akan memindai gambar sebelum diunggah ke iCloud.

Jika menemukan kecocokan, gambar akan ditinjau oleh manusia. Jika pelecehan anak dikonfirmasi, akun pengguna akan dinonaktifkan.

Ada pula pengguna Android yang tak berminat beralih ke iPhone 13 karena alasan kemampuan membeli (4,5 persen), memilih Google Assistant dibandingkan Siri (2,6 persen), tak adanya fitur split screen (2,3 persen), serta tidak ada model iPhone yang dilipat (0,8 persen).

Bagaimana dengan kalian, apakah kalian berminat untuk mengganti ponsel Android Anda dan beralih ke iPhone 13?

https://tekno.kompas.com/read/2021/09/03/11360027/bukti-pengguna-android-tidak-berminat-ganti-iphone-13

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke