Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Microsoft Umumkan Investasi untuk Startup Perhotelan Oyo

KOMPAS.com - Microsoft resmi umumkan kerja sama strategis dengan startup perhotelan asal India, Oyo, selama beberapa tahun ke depan.

Presiden Microsoft India, Anant Maheshwari mengatakan kerja sama ini bertujuan untuk membantu mengembangkan produk dan teknologi terbaru di ranah pariwisata dan perhotelan yang menjadi fokus bisnis Oyo.

"Teknologi cloud dari Microsoft dapat membantu Oyo untuk mengubah tantangan yang bakal muncul setelah pandemi, menjadi peluang untuk bisnisnya di masa depan," ujar Anant dalam sebuah pengumuman.

Melalui kerja sama ini, Oyo, serta para mitra pemilik hotel, akan mulai mengadopsi layanan cloud Microsoft Azure, Microsoft 365, dan Github Enterprise untuk membantu menjalankan kegiatan operasionalnya dengan lebih mudah, aman, dan efisien.

Selain itu, kehadiran Microsoft juga memungkinkan Oyo mengakselerasi pertumbuhan bisnisnya melalui sejumlah ekosistem canggih berbasis machine learning (ML) dan artificial intelligence (AI) yang sudah mereka lakukan selama ini.

Nantinya, teknologi tersebut juga akan turut diadopsi oleh para pemilik hotel yang menjadi mitra Oyo, terutama mereka yang berada di daerah terpencil, memungkinkan operasional dan pemesanan hotel berjalan dengan mulus.

"Untuk para tamu kami, kerja sama ini akan menghasilkan pengalaman yang lebih baik, memungkinkan tamu memilih lebih banyak layanan yang akan dihadirkan Oyo di masa depan," ujar Global COO dan Chief Product Officer Oyo, Abhinav Sinha.

Smart Room akan menjadi salah satu produk kerja sama Microsoft dan Oyo. Dengan teknologi IoT dari Microsoft Azure, Smart Room memungkinkan pengguna mengatur layanan apa saja yang bisa mereka dapatkan di kamar hotel yang mereka pesan.

Selain itu Smart Room juga memungkinkan pengguna melakukan check-in dengan mudah dan meminta bantuan terkait pesanan hotelnya secara virtual, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari situs Microsoft, Jumat (10/9/2021).

Di samping kerja sama strategis, Microsoft juga mengumumkan pihaknya telah menanamkan investasi di Oyo dalam bentuk kepemilikan saham.

Tidak disebutkan berapa nilai investasi tersebut, namun bulan lalu, Microsoft sendiri sempat menyuntikkan dana ke Oyo senilai 5 juta dolar AS (sekitar Rp 71 miliar). Investasi tersebut meningkatkan valuasi startup ini ke angka 9,6 miliar dolar AS (sekitar Rp 136 triliun).

https://tekno.kompas.com/read/2021/09/10/19020087/microsoft-umumkan-investasi-untuk-startup-perhotelan-oyo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke