Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tidak Bisa Scan Barcode PeduliLindungi? Ini 5 Cara Mengatasinya

KOMPAS.com - Aplikasi PeduliLindungi kini menjadi salah satu syarat yang harus dimiliki, apabila masyarakat ingin menikmati sarana publik, seperti melakukan perjalanan seluruh moda transportasi (darat, laut, udara), kereta api, atau berkunjung ke pusat perbelanjaan.

Lewat aplikasi PeduliLindungi, masyarakat diminta menunjukkan sertifikat vaksin dan melakukan scan barcode untuk bisa mengunjungi tempat-tempat umum seperti mall, halte, maupun supermarket.

Aturan scan barcode tersebut sejatinya diperlukan sebagai filter, apakah pengunjung diizinkan untuk masuk suatu tempat atau tidak.

Namun ada kalanya, aplikasi PeduliLindungi error dan tidak bisa digunakan, seperti tidak bisa scan barcode di PeduliLindungi, tidak bisa log in, hingga kesalahan data yang tercantum.

Untuk memperbaiki error di aplikasi peduliLinfungi, seperti tidak bisa scan barcode PeduliLindungi, ada lima cara yang bisa dicoba.

Berikut adalah lima cara mengatasi error aplikasi PeduliLindungi, apabila tidak bisa scan barcode PeduliLindungi.

1. Pastikan koneksi internet stabil

Jika Anda tidak bisa scan barcode PeduliLindungi, bisa jadi disebabkan oleh koneksi internet yang tidak stabil, membuat proses pemindaian QR Code (scan QR) melalui aplikasi PeduliLindungi tidak berhasil.

Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan koneksi WiFi yang tersedia atau meminta tethering kepada teman.

2. Menutup aplikasi di background

Banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang sistem (background) ponsel, juga bisa membuat tidak bisa scan barcode dengan aplikasi PeduliLindungi.

Oleh sebab itu, sebelum Anda scan barcode PeduliLindungi, pastikan tidak ada aplikasi lain yang berjalan di background.

3. Memperbarui aplikasi

Untuk tidak bisa scan barcode PeduliLindungi, perbarui aplikasi maupun sistem operasi (OS) perangkat begitu ada update tersedia. Hal ini berguna untuk menyesuaikan spesifikasi serta sistem yang berjalan di aplikasi PeduliLindungi.

Untuk itu, pastikan Anda rutin mengecek pembaruan software atau melakukan update aplikasi PeduliLindungi ke versi terbaru, untuk mencegah error aplikasi PeduliLindungi

Pembaruan aplikasi PeduliLindungi bisa dilakukan melalui Google Play Store (Android) atau Apple App Store (iOS).

4. Membersihkan data cache

Banyak file dan aplikasi lain yang terpasang juga bisa membuat aplikasi PeduliLindungi error, dan tidak bisa scan barcode, karena ruang penyimpanan ponsel juga semakin bertambah.

Untuk melegakan memori penyimpanan, cara yang bisa Anda lakukan adalah menghapus data cache.

Data cache merupakan data sementara dari aplikasi yang terpasang dan tersimpan di memori ponsel. Setiap aplikasi memiliki file cache masing-masing dan membutuhkan ruang penyimpanan.

Semakin sering digunakan, data cache otomatis akan semakin menumpuk. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab, mengapa proses pemindaian QR Code di aplikasi PeduliLindungi sering error.

Untuk menghapus data cache, Anda bisa mengunjungi menu pengaturan ponsel (Settings). Tak perlu khawatir, menghapus data cache aman dilakukan karena data aplikasi, seperti data login, dan sebagainya tidak akan terhapus.

5. Log in secara berkala

Jika tidak bisa scan barcode PeduliLindungi, Anda bisa melakukan login (masuk) dan logout (keluar) aplikasi PeduliLindungi secara berulang-ulang.

Dengan begitu, maka aplikasi akan memberi respons secara otomatis, sehingga fitur QR Code di dalamnya akan berfungsi seperti semula.

Demikian lima tips untuk mengatasi error aplikasi PeduliLindungi. Semoga membantu!

https://tekno.kompas.com/read/2021/09/13/14020027/tidak-bisa-scan-barcode-pedulilindungi-ini-5-cara-mengatasinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke