Salin Artikel

iPad Mini 6 Resmi, Layar Lebih Lebar dan Dilengkapi USB Tipe C

KOMPAS.com - Dalam acara peluncuran "California Streaming" pada Rabu (15/9/2021) dini hari WIB yang menjadi ajang peluncuran lini iPhone 13, Apple secara mengejutkan ikut memperkenalkan tablet iPad Mini generasi ke-6.

Perangkat ini boleh dibilang mengalami perombakan besar-besaran dibanding iPad Mini 5 keluaran 2019. Tampang luar hingga jeroannya berbeda.

IPad Mini 6, misalnya, mengusung desain baru dengan ukuran layar lebih lebar, 8,3 inci, dan bingkai lebih tipis yang sudut-sudutnya membulat. Pemindai sidik jari TouchID pun dipindah dari bezel menjadi menyatu dengan tombol daya seperti di jajaran iPad Pro.

Untuk hardware, iPad Mini 6 diotaki dengan SoC yang sama seperti milik iPhone 13, yakni Apple A15 Bionic yang diklaim merupakan chip terkencang Apple, dengan kinerja CPU hingga 50 persen lebih tinggi dibanding kompetitor.

"Kemampuan Neural Engine untuk kinerja Machine Learning juga lebih cepat 2x lipat dibanding generasi sebelumnya," ujar Product Manager iPad, Katie McDonald, saat memperkenalkan A15 Bionic di acara Apple

Kamera iPad Mini 6 tak ketinggalan dipermak. Di punggung kini tertanam kamera belakang beresolusi 12 MP (f/1.8, Focus Pixel) yang bisa merekam video 4K dan mendukung fitur Smart HDR.

Kamera depannya beresolusi 12 MP dengan lensa ultra wide berbidang pandang selebar 122 derajat sehingga mendukung fitur Center Stage untuk mengikuti gerakan subyek di dalam frame.

Apple turut menyematkan dukungan jaringan 5G dengan kecepatandownload hingga 3,5 Gbps. Port Lightning yang setia hadir di model-model sebelumnya pun kini diganti menjadi USB tipe C seperti di jajaran iPad Pro.

Lalu ada juga speaker stereo dengan sepasang pengeras suara yang masing-masing berada di sisi kiri dan kanan layar saat iPad Mini 6 berada dalam orientasi landscape (horizontal).

iPad Mini 6 hadir dalam varian warna Purple, Starlight, Space Gray, dan Pink dan hadir dalam model Wi-Fi Only serta Wi-Fi + Cellular. Pilihan kapasitas media penyimpanannya adalah 64 GB dan 256 GB.

Untuk harga, di Amerika Serikat, iPad Mini 6 dibanderol mulai 499 dolar AS (sekitar Rp 7,1 juta) untuk varian Wi-Fi Only dan mulai 649 dollar AS (Rp 9,3 juta untuk varian Wi-Fi + Cellular.

https://tekno.kompas.com/read/2021/09/15/03150097/ipad-mini-6-resmi-layar-lebih-lebar-dan-dilengkapi-usb-tipe-c

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.