Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Fitur Unggulan Samsung Galaxy A52s, Ponsel 5G Rp 6 Jutaan

Galaxy A52s 5G yang dibanderol seharga Rp 6,5 juta ini dibekali dengan sejumlah fitur unggulan.

Dalam sesi peluncuran pada Selasa (14/9/2021), Product Marketing Manager, Samsung Mobile SEIN, Irfan Rinaldi mengungkapkan ada lima fitur unggulan yang dimiliki Samsung Galaxy A52s ini.

Apa saja? Berikut rangkumkan 5 fitur unggulan Samsung Galaxy A52s 5G.

1. Layar dengan refresh rate 120 Hz

Fitur unggulan pertama ialah layar Super AMOLED seluas 6,5 inci yang sudah mendukung refresh rate 120 Hz.

Irfan mengatakan, refresh rate 120 Hz ini akan membuat pengguna merasakan pengalaman navigasi yang mulus saat berinteraksi dengan antarmuka OneUI.

"Selain itu, pindah-pindah antar-aplikasi juga terasa lebih smooth," kata Irfan.

"Benefit utama bagi pengguna yang suka main competitive gaming, di mana responsiveness sepersekian detik itu sangat berharga bagi mereka," imbuh dia.

2. Kinerja kencang

Lalu, fitur unggulan kedua yang dibawa oleh Galaxy A52s adalah System-on-Chip Snapdragon 778G dari Qualcomm. Chipset ini diklaim membuat ponsel ini memiliki kinerja yang tinggi dan juga kencang.

Bahkan, Senior Manager Business Development Qualcomm, Dominikus Susanto mengatakan, Galaxy A52s 5G adalah ponsel paling powerful di kelas Galaxy seri A.

Sebab, menurut Dominikus, chipset Snapdragon 778G yang dipasang di ponsel ini, adalah chipset seri 7 kelas atas dari Qualcomm.

"Dengan fabrikasi 6 nm, Snapdragon 778G ini bisa dibilang merupakan seri 7 high-end yang paling atas yang dipunyai Qualcomm. Seri 778G ini dekat dengan Snapdragon seri 8 untuk ponsel flagship," kata Dominikus.

Dominukus menjelaskan, bila dibandingkan dengan Snapdragon 750G yang digunakan pada Galaxy A52 5G, kinerja CPU seri 778G di A52s 5G meningkat hingga 20 persen (single) dan 48 persen (multi). Sementara untuk kinerja GPU 778G juga meningkat hingga 70 persen.

Sementara bila dibandingkan dengan Snapdragon 720G yang dipasang di Galaxy A52 versi 4G, seri 778G di A52s diklaim mencatatkan peningkatan kinerja CPU hingga 55 persen.

3. Fitur RAM Plus

Kini, Galaxy A52s juga dibekali dengan fitur baru yang menjadi unggulan, yakni RAM Plus. Fitur ini memungkinkan sistem "meminjam" memori (sebesar 4 GB) dari penyimpanan media (ROM) ponsel untuk menambah kapasitas RAM.

Jadi, Galaxy A52s 5G yang dibekali dengan RAM 8 GB, kapasitas tersebut secara teori bisa diperluas hingga 12 GB. Pengguna di Indonesia akan mendapatkan fitur ini out of the box, alias secara langsung tanpa perlu repot melakukan pembaruan sistem.

Irfan menjelaskan, fitur RAM Plus ini akan bekerja secara otomatis dan pengguna tidak bisa mengaturnya secara manual.

Sebab, fitur ini dikelola oleh kecerdasan buatan (artificial intelligence) bawaan ponsel, di mana AI ini akan terus mempelajari rutinitas penggunaan ponsel, terutama saat pengguna melakukan multi-tasking yang rakus resource.

Irfan mencontohkan, saat pengguna membuka 20-30 aplikasi, fitur RAM Plus akan mengoptimalisasikan penggunaan RAM bawaan 8 GB, yakni dengan cara mengalihkan sebagian penggunaan RAM itu ke ROM.

"Saat kita buka sebegitu banyak aplikasi, ini bisa dibantu oleh RAM Plus. Supaya saat kita mau membuka aplikasi yang yang pertama kali kita buka, itu tidak lagi restart, atau launch-nya akan lebih cepat," kata Irfan.

Berdasarkan pantauan KompasTekno di situs resmi Samsung Indonesia, Galaxy A52s 5G telah mendukung band (pita) jaringan 5G n1/n3/n5/n7/n8/n20/n28/n66/n38/n40/n41/n78.

Irfan juga memastikan bahwa fitur 5G pada Galaxy A52s 5G sudah kompatibel dengan band (pita) jaringan yang digunakan oleh operator seluler (Telkomsel, Indosat, dan XL) dalam menggelar layanan 5G.

"Tapi saat ini, kami masih dalam proses penyelarasan antara software dan juga band yang digunakan oleh ketiga operator tersebut," kata Irfan.

Jadi, ketersediaan fitur 5G di Galaxy A52s ini masih harus menunggu informasi lebih lanjut dari pihak Samsung Indonesia.

5. Sertifikasi IPX67

Lalu, fitur unggulan terakhir yang dibawa Galaxy A52s adalah fitur ketahanan air (water resistant) dan debu (dust resistant) bersertifikasi IP67.

Dengan sertifikasi tersebut, ponsel ini diklaim mampu bertahan di dalam air dengan kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

"Ini membuat ponsel Galaxy A52s 5G kemungkinan menjadi satu-satunya ponsel yang ada saat ini, yang sudah dibekali fitur konektivitas 5G sekaligus fitur ketahan terhadap air dan debu bersertifikasi IPX67," klaim Irfan.

https://tekno.kompas.com/read/2021/09/15/18040027/5-fitur-unggulan-samsung-galaxy-a52s-ponsel-5g-rp-6-jutaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke