Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Unboxing dan Menjajal RedmiBook 15, Laptop Pertama Xiaomi di Indonesia

Di Indonesia, RedmiBook 15 hanya hadir dalam varian warna Charcoal Gray dan dibanderol seharga Rp 7 juta. KompasTekno berkesempatan melakukan unboxing dan penjajalan singkat terhadap laptop Xiaomi ini. Hasil penelusurannya sebagai berikut.

Unboxing RedmiBook 15, aksesori minimalis

Dari segi kemasan, tidak ada yang istimewa dari boks penjualan laptop pertama Xiaomi di Indonesia ini. Seperti kemasan laptop kebanyakan, boks penjualan RedmiBook15 didominasi warna cokelat muda.

Di bagian depannya, hanya tertulis merek "RedmiBook" dalam ukuran yang cukup besar, diikuti beberapa simbol dari fitur unggulan perangkat ini. Logo Xiaomi "mi" juga disematkan di bagian pojok kanan atas kemasan.

Di sisi samping kanan kotak kemasan, ada informasi terkait nama model beserta fitur utama RedmiBook. Tak lupa ada pula sebuah barcode, yang bila di-scan akan mengarahkan pengguna ke laman sertifikasi RedmiBook 15 di situs Postel milik Ditjen SDPPI Kominfo.

Ketika dibuka, isi kotak penjualan ponsel ini terbilang minimalis, yakni hanya berisi satu buah perangkat laptop, adaptor charger 65 watt, kabel daya, kartu garansi, dan buku panduan pengguna.

Bodi polikarbonat licin, layar lega, keyboard full-size

Saat pertama kali dilihat, RedmiBook 15 sedikit terkesan premium berkat bodinya yang berwarna abu-abu bernuansa metalik. Di bagian depan laptop, hanya terdapat emboss kecil bertuliskan merek "Redmi" diikuti tagline "Power Your Creativity".

Bodi laptop ini seluruhnya menggunakan material polycarbonate. Bila diusap, permukaan laptop ini cukup licin. Bodi RedmiBook 15 sangat mudah meninggalkan jejak noda atau keringat setelah perangkat digunakan seharian terlihat sangat jelas.

Namun, seluruh jejak noda di bodi laptop ini bisa dibersihkan dengan mudah, menggunakan kain mikrofiber atau kain lap lainnya.

Berkat ukurannya yang lebar, RedmiBook 15 bisa menggunakan keyboard berukuran full-size dengan key travel 1,5 mm dan jarak antar tombol 0,5 cm. Ketika digunakan untuk mengetik, keyboard ini terasa nyaman dan tidak terlalu berisik.

Ada pula touchpad PTP yang cukup besar terletak di bagian tengan laptop, berukuran panjang 12,6 cm dan lebar 8,3 cm. Ukurannya yang besar membuat pengguna bisa leluasa bernavigasi di Windows dan aplikasi.

Spesifikasi Xiaomi RedmiBook 15

Di sektor hardware, Xiaomi RedmiBook 15 dibekali dengan prosesor Intel Core i3 generasi ke-11 dengan kecepatan hingga 4,1 GHz dan pengolah grafis terintegrasi Intel UHD Graphics. Prosesor itu dipasangkan dengan RAM DDR4 3200 GHz 8 GB dan storage SSD 256 GB.

Saat dijajal, performa laptop RedmiBook 15 terbilang mulus dan cukup cepat. Misalnya, proses cool booting atau laptop dinyalakan dengan tombol power dalam keadaan mati (shut down), hanya membutuhkan waktu sekitar 8 detik hingga sampai ke welcome screen Windows 10.

RedmiBook 15 memiliki webcam 720p yang tersemat di bingkai atas layar. Ketika dipakai di dalam ruangan dengan cukup cahaya, video yang dihasilkan cenderung terlihat gelap dan kabur.

Di sisi bawah, di bagian kanan dan kiri, terdapat speasang speaker stereo 2 watt yang mendukung teknologi audio Audio DTS (Digital Theatre System). Ada juga mikrofon ganda untuk input suara.

Dengan baterai berkapasitas 46 Wh,RedmiBook 15 diklaim bisa menemani pengguna selama 10 jam dari kondisi daya penuh.

Xiaomi mengklaim pengisian daya hanya butuh waktu 33 menit untuk mencapai kapasitas 50 persen, dengan catatan laptop dalam keadaan dimatikan dan menggunakan adaptor charger 65W bawaan.

Sementara di sisi kiri bodi laptop ada dua port USB 3.0, colokan HDMI 1.4, serta sebuah colokan pengisi daya. Untuk konektivitas, RedmiBook 15 dibekali Bluetooth 5.0 dan Wi-Fi 5 2.4Ghz/5GHz.

Laptop ini menjalankan sistem operasi Windows 10 Home secara bawaan. Sayangnya belum termasuk suite Microsoft Office seperti Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint.

Jadi, pengguna perlu membeli lisensi layanan Office secara mandiri, atau bisa pula menggunakan layanan Google Workspace sebagai gantinya.

https://tekno.kompas.com/read/2021/09/16/12070047/unboxing-dan-menjajal-redmibook-15-laptop-pertama-xiaomi-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke