BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Samsung
Salin Artikel

Samsung Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 Jadi Tren di 2021, Smartphone Kamu Bisa Dilipat?

KOMPAS.com – Samsung Electronics Indonesia menggelar pameran bertajuk “Consumer Launch Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3” di Jakarta sejak Rabu (15/9/2021).

Melalui pameran tersebut, Samsung mengajak masyarakat untuk menikmati pengalaman menggunakan ponsel pintar (smartphone) lipat atau foldable yang kini sedang tren di kalangan generasi milenial dan Gen Z.

Head of Product Marketing IT & Mobile Samsung Electronics Indonesia Selvia Gofar mengatakan, pengguna Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 akan menikmati pengalaman yang tidak dapat ditemukan pada perangkat lain, baik pada sistem operasi Android maupun iOS.

“Galaxy Z Fold3 memberikan cara baru dalam menggunakan smartphone berkat layar yang lebih besar saat dibuka,” ujar Selvia dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Kamis (16/9/2021).

Sementara itu, lanjut dia, Galaxy Z Flip3 menghadirkan pengalaman baru berupa smartphone yang lebih compact begitu dilipat.

“Jadi, apakah smartphone kamu bisa dilipat seperti kedua foldable tersebut?” tanya Selvia.

Selvia menegaskan, tidak banyak smartphone foldable yang dapat ditemukan di pasar saat ini. Dengan kecanggihan form factor yang tidak dimiliki oleh smartphone lain, Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 kini memimpin tren smartphone foldable.

Selain itu, kedua smartphone tersebut juga menjadi pembeda dan dapat menghadirkan pilihan yang lebih luas kepada konsumen. Dengan begitu, Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 merupakan pilihan daily driver yang paling tepat.

Tak hanya itu, bentuk lipat yang dihadirkan Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 juga membuka lebih banyak cara baru bagi pengguna dalam meningkatkan manfaat smartphone untuk kehidupan sehari-hari.

Fitur Flex Mode dan Multi Window

Untuk memperkuat kecanggihan form factor, Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 menghadirkan sejumlah fitur unggulan serta inovatif.

Salah satunya adalah Flex Mode yang dapat menunjang produktivitas. Melalui fitur ini, pengguna dapat melakukan banyak hal sekaligus ketika menggunakan Galaxy Z Fold3.

Sebagai contoh, pengguna bisa melakukan panggilan video pada bagian atas layar sambil membuat catatan pada bagian bawah layar. Hal ini bisa dilakukan dengan hanya membuka perangkat pada sudut pelipatan yang sesuai.

Fitur Flex Mode yang transformatif itu telah dirasakan langsung oleh pekerja seni Dian Sastrowardoyo.

“Dengan fitur Flex Mode pada Galaxy Z Fold3, saya semakin nyaman untuk menonton film dengan durasi panjang karena smartphone tidak harus dipegang dan bisa ditekuk sesuai dengan posisi yang diinginkan,” kata Dian.

Dian menjelaskan, ketika ingin menonton adegan favorit pada film, dia cukup memencet tombol fast forward dari pengaturan yang terletak pada bagian bawah layar.

Kemudian, jika tiba-tiba muncul ide dari film yang ditonton, Dian hanya perlu membuka aplikasi Samsung Notes pada bagian bawah layar untuk menuliskan ide-ide tersebut. Terlebih, saat ini Galaxy Z Fold3 telah dibekali S Pen yang bisa mengubah tulisan pengguna menjadi bentuk teks secara real-time.

“Jadi, saya tidak perlu repot mengetik ketika menuangkan ide. Tulisan tangan saya pun bisa disimpan dalam bentuk file yang bisa langsung dikirim ke tim kerja untuk dibahas bersama. Keunggulan ini benar-benar merupakan dunia baru yang belum (pernah) saya temukan di perangkat lain,” terang Dian.

Selain itu, pengguna Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 juga bisa memanfaatkan fitur App Pair untuk membuat shortcut dari dua aplikasi yang sudah ditandemkan untuk membukanya kembali sesuai dengan kondisi terakhir kali ditutup.

Tidak hanya dua, pengguna juga bisa membuka hingga tiga jendela aplikasi sekaligus secara seamless dengan bantuan fitur Multi Window. Hal ini akan memudahkan pengguna untuk beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain tanpa harus membuka tab recent apps secara bolak-balik.

Sebagai informasi, pengguna juga bisa memaksimalkan fitur Flex Mode pada Galaxy Z Flip3 untuk mengekspresikan diri dengan cara yang beda dan unik.

Dengan hanya meletakkan smartphone pada tempat yang sesuai dengan sudut pelipatan yang diinginkan, pengguna bisa membuat berbagai konten hands-free multitasking tanpa alat-alat tambahan.

Misalnya, konten hyperlapse, workout, tutorial makeup, live broadcast, konten, atau sekadar mengambil selfie tanpa memegang perangkat.

Selain itu, pengalaman hands-free multitasking tersebut juga bisa dilakukan sambil berkomunikasi dengan orang-orang terdekat, seperti yang telah dirasakan oleh aktor Reza Rahadian.

“Dengan Galaxy Z Flip3, saya bisa merasakan pengalaman hands-free multitasking yang belum pernah dirasakan sebelumnya,” ujar Reza.

Berkat fitur Flex Mode, Reza bisa meletakkan Galaxy Z Flip3 di meja untuk melakukan video call dengan manajer dan tim lain. Pada saat yang sama, dia juga bisa membaca script di dua tampilan layar berbeda secara simultan.

“Flex Mode membuat smartphone semakin nyaman dan praktis untuk digunakan. Fitur ini benar-benar membuat saya semakin yakin untuk mengganti smartphone,” kata Reza.

Kemudian, fitur Flex Mode pada Galaxy Z Flip3 juga memberikan cara baru untuk menonton. Melalui fitur ini, pengguna bisa menempatkan video pada bagian atas layar dan panel kontrol pada bagian bawah layar.

Dengan tampilan tersebut, pengguna dapat mengatur tingkat kecerahan layar dan volume secara langsung. Bahkan, pengguna bisa mengambil screenshot tanpa harus melewatkan momen atau menghentikan video serta tanpa melakukan beberapa kali swipe terlebih dahulu. Hal ini dapat dilakukan berkat keberadaan quick panel pada bagian bawah layar.

Untuk diketahui, Flex Mode sejatinya merupakan fitur yang menegaskan kehadiran form factor yang inovatif dari Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3.

Dengan Galaxy Z Fold3, kamu bisa lebih leluasa menjalani berbagai aktivitas, mulai dari urusan pekerjaan hingga sekadar menikmati hiburan. Pasalnya, ponsel lipat ini didukung oleh layar yang lebih besar saat dibuka dalam ukuran maksimal.

Sementara, dengan Galaxy Z Flip3, kamu bisa memiliki smartphone paling compact yang nyaman untuk digenggam dan disimpan, baik di dalam kantong, pouch, maupun micro bag yang sedang tren saat ini.

Fitur Auto Framing

Fitur yang juga disematkan pada Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 adalah Auto Framing. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memastikan obyek tetap dalam fokus kamera.

Auto Framing cocok digunakan ketika merekam video. Fitur ini dapat membantu kamera untuk mendeteksi obyek yang masuk atau keluar dari frame sekaligus mengatur zoom secara otomatis. Dengan begitu, orang-orang yang direkam bisa masuk frame secara proporsional tanpa kehilangan fokus.

Sementara itu, ketika hanya terdapat satu obyek yang direkam, kamera akan terus fokus pada individu tersebut. Bahkan, kamera akan melacak pergerakannya untuk memastikan obyek berada pada pusat rasio visual perekaman.

Ketika obyek lain masuk ke frame, kamera akan melakukan zoom out secara otomatis guna memastikan kedua obyek berada pada frame secara proporsional.

Fitur tersebut cocok digunakan untuk membuat vlog, film pendek, atau sekadar mengabadikan momen penting bersama orang terdekat. Dengan Auto Framing, pengguna dapat berkreasi membuat konten yang efisien dan pada level yang lebih tinggi.

Fitur Smart Switch

Demi memanjakan konsumen, Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 juga menghadirkan aplikasi Smart Switch. Aplikasi ini memudahkan pengguna untuk memindahkan pesan-pesan dari smartphone lama tanpa khawatir pesan tersebut akan hilang.

Dengan aplikasi itu, pengguna dapat memindahkan riwayat pesan, termasuk gambar, pada aplikasi WhatsApp dari iOS atau smartphone Android lain ke Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 dengan praktis.

Sebagai informasi, kecanggihan Galaxy Z Fold3 bisa dinikmati dengan harga Rp 24.999.000 untuk varian RAM 12 gigabyte (GB) dan kapasitas penyimpanan 256 GB. Sementara, untuk varian RAM 12 GB dan kapasitas penyimpanan 512 GB, perangkat ini dibanderol dengan harga Rp 26.999.000.

Galaxy Z Fold3 hadir dengan tiga pilihan warna, yaitu Phantom Black, Phantom Green, dan Phantom Silver.

Sementara itu, Galaxy Z Flip3 tersedia dalam pilihan warna Cream, Green, Lavender, serta Phantom Black. Smartphone ini bisa didapat dengan harga Rp 14.999.000 untuk varian RAM 8GB dan kapasitas penyimpanan 128GB.

Kemudian, untuk varian RAM 8 GB dan kapasitas penyimpanan 256 GB, Galaxy Z Flip3 bisa didapat dengan harga Rp 15.999.000.

Untuk diketahui, Consumer Launch Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 hadir di Mal Kota Kasablanka dan Central Park, Jakarta, pada 15-19 September 2021. Kemudian, pada 22-26 September 2021, acara ini akan diselenggarakan di mal Grand Indonesia, Jakarta.

Lalu, pada 29 September-3 Oktober 2021, Consumer Launch Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 akan hadir di Pondok Indah Mall, Jakarta, serta Bandung Electronic Center (BEC).

Selanjutnya, konsumen bisa mengunjungi Consumer Launch Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 di Botani Square, Bogor, pada 6-10 Oktober 2021.

Bagi warga Surabaya dan sekitarnya, acara tersebut bisa dikunjungi di Pakuwon Mall, Surabaya, pada 27-31 Oktober 2021.

Selama acara berlangsung, konsumen dapat menikmati keuntungan hingga Rp 4.399.000. Di antaranya adalah perlindungan Samsung Care+ hingga 6 bulan senilai Rp 1.699.000.

Kemudian, cashback hingga Rp 1.200.000 serta kemudahan 0 persen installment hingga 24 bulan dari sejumlah bank rekanan, yakni BNI, Mandiri, BCA, CIMB Niaga, Citibank, HSBC, Maybank, dan OCBC NISP.

Tak hanya itu, konsumen juga bisa mendapatkan aksesori spesial dari desainer ternama senilai hingga Rp 1.500.000 serta photocard BTS untuk pembelian Galaxy Z Flip3.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Samsung Galaxy Z Fold3 5G dan Galaxy Z Flip3 5G, kamu bisa mengunjungi laman www.samsung.com/id/.

https://tekno.kompas.com/read/2021/09/16/22050077/samsung-galaxy-z-fold3-dan-z-flip3-jadi-tren-di-2021-smartphone-kamu-bisa

Bagikan artikel ini melalui
Oke