Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Oppo ColorOS 12 Resmi Meluncur, Ini Fitur Barunya

ColorOS 12 dikenalkan dalam sebuah acara di China, Kamis (16/9/2021) malam, dengan membawa sejumlah pembaruan, baik dari aspek fitur dan desainnya.

Fitur baru ColorOS 12

Anti-stuttering AI engine

Dari segi desain, Oppo menyebutkan ColorOS 12 kini hadir dengan tampilan baru yang menyediakan lebih banyak ruang berwarna putih.

Dengan begitu, antarmuka ini diharapkan bisa mengatasi padatnya informasi yang harus ditampilkan ke pengguna di layar ponsel.

Dari segi fitur, Color 12 OS dibekali software animasi Quantum Animation Engine terbaru sekaligus anti-stuttering AI engine, yang disebut dapat memberikan pengalaman sistem operasi yang mulus.

Untuk teknologi anti-stuttering AI engine sendiri disebutkan dapat memastikan ponsel dapat beroperasi dengan lancar dan hemat daya baterai.

Avatar Omoji

Fitur baru lainnya yang dibawa ColorOS 12 adalah fitur avatar yang disebut "Omoji". Dengan fitur ini, pengguna bisa membuat avatar tiga dimensi (3D) melalui algoritma Face Capture.

Alogoritma ini dapat menangkap lebih dari 20.000 ciri khas wajah pengguna, sehingga avatar dapat dipersonalisasi dengan lebih nyata.

Lalu, ColorOS 12 dibekali fitur Cross-Screen Interconnection atau disebut juga interkoneksi lintas layar.

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna bisa mengoperasikan ponsel miliknya langsung di laptop.

Oppo tak menjelaskan secara rinci bagaimana cara kerja fitur ini. Namun, dalam sebuah gambar yang disertakan Oppo, saat menggunakan fitur Cross-Screen Interconnection, ponsel bisa terhubung dengan laptop. Layar ponsel juga akan muncul di laptop pengguna.

Dengan begitu, pengguna bisa mengoperasikan ponsel langsung dari layar laptop, tanpa perlu repot bolak-balik mengambil ponselnya.

Oppo mengklaim, fitur Cross-Screen Interconnection ini kompatibel dengan sebagian besar laptop merek ternama yang memiliki sistem operasi Windows 10 atau yang lebih tinggi.

Ketersediaan update ColorOS 12

Oppo mengumumkan bahwa antarmuka terbaru ColorOS 12 akan hadir pertama kali di ponsel Find X3 Pro Photographer Edition, yang diluncurkan pada Kamis (16/9/2021) lalu.

Oppo juga sudah membagikan jadwal rilis update ColorOS 12 untuk ponsel Oppo di China.

Setidaknya ada 55 model ponsel Oppo di China yang kompatibel untuk mendapatkan update ColorOS 12, mulai dari seri flagship Find X, lalu seri Reno dan seri A, K, F.

Sebagaimana dihimpun dari GizmoChina, hampir setengah dari perangkat yang kompatibel akan menerima pembaruan ColorOS 12 (setidaknya versi beta publik) pada akhir 2021.

Dalam keterangan resmi, Oppo merinci, uji publik terbatas akan dimulai untuk seri Find X3 dan OnePlus 9 seri pada bulan Oktober.

Untuk seri Find X2 dan seri Reno6 pada bulan November, dan untuk seri Reno5 dan seri OnePlus 8 masing-masing pada bulan Desember.

Untuk saat ini, Oppo belum memberikan informasi soal pembaruan ColorOS 12 untuk ponsel Oppo di pasar global, termasuk Indonesia. Kita tunggu saja.

https://tekno.kompas.com/read/2021/09/17/11180067/oppo-coloros-12-resmi-meluncur-ini-fitur-barunya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke