Salin Artikel

Daftar iPhone yang Kebagian iOS 15

Dalam acara tersebut, Apple mengatakan bahwa update iOS 15 bagi pengguna iPhone mulai digelontorkan pada 20 September 2021. Kini, update iOS 15 pun sudah bisa di-download, termasuk bagi pengguna di Indonesia.

Kabar baiknya, pengguna iPhone lawas juga bisa mendapatkan update sistem operasi terbaru dari Apple ini. Daftar iPhone lawas yang kebagian iOS 15 ada yang sudah berusia hampir 6 tahun, seperti iPhone 6S dan iPhone 6S Plus.

Selain iPhone 6S dan iPhone 6S Plus, satu model lain yaitu iPhone SE (generasi pertama), juga masih mendapatkan update iOS 15.

Meskipun beberapa bulan lebih muda, kemampuan hardware iPhone SE sejatinya serupa dengan iPhone 6S. Keduanya sama-sama dibekali System-on-Chip Apple A9.

Saat pertama kali diperkenalkan, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, dan iPhone SE masih menjalankan iOS 9. Artinya, OS di ketiga ponsel ini sudah diperbarui sebanyak 6 generasi.

Kendati bisa diperbarui dengan iOS 15, ada beberapa fitur baru yang tidak kompatibel di iPhone 6s. Misalnya saja fitur Visual Lookup yang mirip dengan fitur Google Lens, lalu fitur Live Text di foto, mode portrait di Face Time, dan Maps yang lebih baik.

Fitur-fitur itu tidak bisa digunakan di iPhone 6s karena membutuhkan SoC lebih mumpuni, setidaknya chip Apple A12 Bionic. Fitur lain seperti widget juga akan sulit digunakan di ponsel dengan layar berukuran 4,7 inci.

Berikut adalah daftar iPhone yang bisa update ke iOS 15, dirangkum KompasTekno dari situs resmi Apple, Selasa (21/9/2021).

Selain merilis update iOS 15, Apple juga merilis update iPadOS 15 untuk sejumlah model iPad yang kompatibel. Berikut adalah daftarnya.

Daftar iPad yang dapat update iPadOS 15

  • iPad Pro 12,9 inci (generasi pertama hingga kelima)
  • iPad Pro 11 inci (generai pertama hingga ketiga)
  • iPad Pro 10,5 inci
  • iPad Pro 9,7 inci
  • iPad (generasi kelima hingga kesembilan)
  • iPad mini (generasi keempat hingga keenam)
  • iPad Air (generasi kedua hingga keempat)

Berikut adalah cara download iOS 15 dan iPadOS 15 untuk pengguna iPhone dan iPad.

Cara download iOS 15 dan iPadOS 15

Untuk download update iOS 15 atau iPadOS 15, pengguna bisa menggunakan metode pembaruan OTA (Over The Air).

Cara update iOS 15 atau iPadOS 15 secara OTA adalah sebagai berikut:

  • Buka menu "Settings" > "General" > "Software Update"
  • Pilih "Upgrade to iOS 15" di laman yang menampilkan ringkasan informasi tentang pembaruan iOS 15.
  • Kemudian, klik tombol "Download and install"
  • Proses download iOS 15 atau iPadOS 15 akan dimulai dilanjutkan proses instalasi.

Update iOS 15 ini memiliki besaran file sekitar 3-5 GB, tergantung jenis perangkat dan versi iOS sebelumnya yang digunakan.

Perlu dicatat, pastikan daya perangkat, serta ruang penyimpanan iPhone atau iPad yang ingin diperbarui cukup, dan koneksi internet yang dimiliki stabil, supaya proses update tidak terganggu.

https://tekno.kompas.com/read/2021/09/21/07150087/daftar-iphone-yang-kebagian-ios-15

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.