Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal "Cinematik Mode", Fitur Video ala Hollywood di iPhone 13

Salah satunya peningkatan yang cukup signifikan ialah hadirnya fitur baru bernama Cinematic mode. Fitur ini tersedia di keempat model iPhone 13 terbaru.

Menariknya, fitur ini juga bisa digunakan di semua kamera iPhone 13, baik kamera depan maupun kamera belakang yang terdiri dari kamera utama, ultrawide, telefoto.

Sesuai dengan namanya, fitur Cinematik Mode ini memungkinkan pengguna iPhone 13 model apapun untuk dapat merekam video dengan menambahkan efek bokeh secara otomatis pada objek video. Dengan begitu, pengguna bisa menghasilkan video bergaya sinematik.

Atur efek bokeh sesuai keinginan

Cinematic mode merupakan fitur perekaman video terpisah dari fitur perekaman video tradisional.

Untuk bisa menggunakannya, pengguna perlu membuka aplikasi kamera, kemudian pilih opsi "Cinematic" yang ada di layar.

Secara default, Cinematic mode memiliki rasio perekaman video 16:9, bekerja dalam resolusi 1080p 30fps (bukan 60fps).

Karena berfungsi menambahkan efek bokeh (blur), pengguna bisa mengatur bukaan lensa (aperture) untuk menyesuaikan efek bokeh yang diinginkan.

Bila ingin menambah efek bokeh, pengguna tinggal menurunkan aperture yang diwakili dengan f-stop (f/X) di sudut kanan atas layar.

Sebaliknya, bila ingin mengurangi efek bokeh, pengguna tinggal menambahkan bukaan lensa. Semakin kecil nilai "f", maka efek bokeh (blur) semakin terlihat jelas. Misalnya, bukaan lensa f/2.0 akan menghasilkan efek bokeh yang lebih dalam ketimbang f/5.0.

Nantinya, sistem kamera iPhone 13 bisa mendeteksi wajah orang, objek, hingga hewan peliharaan, lalu menggunakan jaringan saraf untuk memutuskan kapan waktu yang tepat untuk beralih fokus.

Dengan begitu, kamera iPhone 13 bisa secara otomatis menentukan titik fokus dan titik bokeh pada video.

Misalnya, pengguna merekam seorang teman yang tengah berdiri di depan Monumen Nasional (Monas).

Saat wajah teman pengguna menghadap ke depan atau ke arah kamera iPhone 13, fokus kamera akan terkunci di wajah dan tubuh teman pengguna tersebut.

Sementara Monas yang ada di belakang taman pengguna itu otomatis akan diterapkan efek bokeh alias diblur.

Menariknya, ketika teman pengguna tersebut memalingkan wajahnya ke arah samping belakang, kamera secara otomatis dan halus langsung mengubah titik fokus ke area latar video tadi.

Bila teman si pengguna itu kembali melihat ke arah depan, titik fokus secara otomatis dan halus juga akan kembali terkunci di wajah pengguna seperti pertama kali. Sementara bagian latar belakang akan kembali buram.

Penerapan efek bokeh otomatis menggunakan Cinematic mode ini dimungkinkan karena lini iPhone 13 diotaki chipset besutan Apple, A15 Bionic yang disebut memiliki kinerja cepat.

Makanya, fitur Cinematic mode ini tidak tersedia di lini iPhone sebelumnya.

Titik fokus juga bisa ditentukan secara manual oleh pengguna. Cinematic Mode ini juga memungkinkan pengguna untuk menerapkan pelacakan fokus untuk orang tertentu saja dalam bingkai video.

Caranya, ketuk pada objek yang ingin menjadi titik fokus, lalu ketuk sekali lagi pada area yang sama untuk menerapkan mode pelacakan fokus.

Dengan begitu titik fokus akan terkunci pada objek yang dipilih, meskipun sang objek bergerak kemanapun, sebagaimana dihimpun dari 9to5mac.

Namun, bila kurang "sreg" dengan titik fokus dan titik bokeh yang diterapkan secara otomatis saat merekam menggunakan Cinematic mode, pengguna juga bisa mengubahnya secara manual setelah video selesai direkam.

Caranya, pengguna hanya perlu membuka hasil rekaman tersebut di aplikasi foto. Lalu pilih opsi "edit". Nah, setelah itu, pengguna hanya perlu mengetuk bagian objek dalam video yang ingin dijadikan sebagai titik fokus.

Di sana, pengguna juga bisa mengubah bukaan lensa dan mengatur kedalaman efek bokeh pada video yang diambil menggunakan fitur Cinematic mode tadi.

Selain langsung dari aplikasi foto di iPhone 13, pengguna disebut juga bisa mengedit video yang diambil menggunakan Cinematic mode melalui aplikasi Final Cut Pro dan iMovie di Mac, setelah Apple memperbarui aplikasi tersebut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PhoneArena, Senin (20/9/2021).

Untuk lebih jelasnya, pengguna bisa melihat demonstrasi penggunaan fitur Cinematic mode di iPhone 13, dalam sebuah video pendek yang diunggah Apple di kanal YouTube resminya ditautan berikut. Atau bisa juga menyaksikan video demonstrasinya melalui video di bawah ini.

https://tekno.kompas.com/read/2021/09/21/15050057/mengenal-cinematik-mode-fitur-video-ala-hollywood-di-iphone-13

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke