Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Fitur Penjaga Privasi dan Penghemat Baterai di Oppo A16

Selain dilengkapi dengan konfigurasi hardware yang cukup mumpuni, Oppo A16 juga disertai dengan fitur pendukung yang dapat mengoptimalkan penggunaan ponsel. Mulai dari fitur privasi, kesehatan, hingga penghemat baterai.

Terdapat setidaknya lima fitur pendukung, yang terdiri dari App Lock, Private Safe, Eye-Care Display, Black Screen Mode, dan Super Night Standby.

Untuk mengetahui informasi lengkap dari fitur-fitur pendukung di Oppo A16, silakan simak uraian berikut ini.

Oppo A16 hadir dengan sistem operasi Android 11 yang dilapisi tampilan antarmuka ColorOS 11.1. Antarmuka ini dilengkapi dengan beragam fitur menarik, salah satunya adalah App Lock.

Fitur ini berfungsi untuk mengamankan deretan aplikasi pada ponsel dari pengguna lain yang tidak diinginkan.

Hal ini dapat dilakukan mencegah terjadinya kebocoran data saat ada pengguna lain yang sedang mengakses ponsel tanpa izin.

Dengan demikian, hanya pengguna ponsel saja yang dapat mengakses beragam aplikasi yang menyimpan file pribadi yang sifatnya rahasia.

Untuk dapat mengaktifkan fitur App Lock, pengguna dapat mengakses menu Settings > Privacy > App Lock.

Selanjutnya, pilih deretan aplikasi yang ingin diamankan dan geser toggle hingga aktif.

Sistem akan secara otomatis meminta pengguna untuk memilih kode keamanan, seperti PIN, password, sidik jari, hingga pattern.

Pengguna akan diminta memasukkan kode keamanan tersebut setiap kali ingin mengakses aplikasi yang sudah dikunci dalam fitur App Lock.

Selain dapat mengamankan aplikasi, Oppo A16 juga dapat mengunci file dalam bentuk dokumen, gambar, video, dan audio menggunakan fitur Private Safe.

Serupa dengan App Lock, fitur Private Safe dapat mengamankan file yang tersimpan pada ponsel. Walhasil, hanya pemilik ponsel saja yang dapat mengakses file-file pribadi yang sudah diamankan.

Fitur Private Safe dapat diaktifkan melalui menu Settings > Privacy > Private Safe.

Saat pertama kali mengakses fitur ini, pengguna akan diminta untuk memasukkan kode keamanan seperti PIN, password, sidik jari, hingga pattern.

Kemudian, pilih jenis file yang ingin diamankan dan tekan tombol dengan ikon tambah (+).

Pengguna dapat menyortir file mana saja yang ingin dikunci dalam fitur Private Safe.

Apabila ingin mengakses file yang sudah dikunci, pengguna dapat kembali mengunjungi fitur Private Safe melalui menu Settings.

Eye-Care Display

Menatap layar ponsel dalam waktu yang cukup lama tentu dapat membuat mata menjadi tidak nyaman. Untuk mengatasi hal tersebut, Oppo menyematkan fitur Eye-Care Display pada Oppo A16.

Oppo mengklaim bahwa fitur ini hadir untuk memberikan kenyamanan pada mata, terutama bagi pengguna kerap menggunakan ponsel dengan cukup intens.

Fitur Eye-Care Display turut ditemanu dengan beragam fitur lain yang mecakup Sunlight Screen, Moonlight Screen, dan AI Smart Backlight.

Ketiga fitur ini hadir dengan membawa fungsi yang berbeda-beda. Pada Sunlight Screen misalnya, fitur ini diklaim dapat secara otomatis meningkatkan kecerahan layar hingga 14,5 persen saat ponsel digunakan di bawah sinar matahari.

Sebaliknya, Moonlight Screen mampu mengurangi intensitas kecerahan layar hingga 2 nits dengan tetap menjaga warna asli pada layar.

Sedangkan AI Smart Backlight mampu menyesuaikan tingkat kecahayaan layar pada lampu latar sepanjang hari.
Hal ini dapat terjadi berkat teknologi kecerdasan buatan (AI) yang mampu mempelajari kondisi pencahayaan dalam situasi yang berbeda.

Fitur lain yag turut tersedia pada Oppo A16 mencakup fitur Black Screen Mode. Fitur ini diklaim mampu menghemat penggunaan daya ponsel dengan mengurangi tingkat pencahayaan pada layar.

Black Screen Mode juga dapat membatasi interaksi yang terjadi pada layar. Dengan demikian, pengguna dapat memanfaatkan fitur ini untuk mendengarkan lagu di YouTube atau Spotify tanpa harus takut kehabisan daya baterai.

Fitur Black Screen Mode dapat dijumpai melalui Quick Menu yang dapat diakses dengan menggulir layar ke bawah.

Setelah fitur Black Screen Mode diaktifkan, layar akan secara otomatis ditutupi oleh layar hitam. Pengguna masih dapat melihat sejumlah keterangan, seperti jam dan persentase baterai.

Apabila sudah selesai digunakan, pengguna dapat mengusap layar ke atas untuk menonaktifkan fitur Black Screen Mode.

Super Night Standby

Bagi sebagian pengguna, pemakaian ponsel tentu akan berkurang secara signifikan di malam hari, terutama pada waktu tidur.

Kabar baiknya, Oppo A16 turut dilengkapi dengan fitur Super Night Standby yang dapat mengurangi konsumsi daya baterai di malam hari.

Ketika fitur Super Night Standby diatifkan pada pukul 23.00 hingga 07.00, Oppo A16 rupanya hanya menghabiskan daya sebesar 1,21 persen.

Fitur ini tentu bermanfaat untuk menjaga daya baterai tetap dalam keadaan penuh sehingga dapat langsung kembali dipakai pengguna dalam menjalankan aktivitas kesehariannya.

https://tekno.kompas.com/read/2021/09/22/18240037/5-fitur-penjaga-privasi-dan-penghemat-baterai-di-oppo-a16

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke