Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sejumlah Pelanggan Indihome Protes soal Ganti Rugi Gangguan Internet

Atas gangguan layanan yang berlangsung selama berhari-hari itu, Telkom memberikan sejumlah kompensasi untuk para pelanggan Indihome, berupa pengunduran batas waktu pembayaran hingga 25 September 2021 dan penghapusan denda.

Telkom juga menjanjikan akan memberi ganti rugi sesuai kontrak langganan, tapi skema dan perhitungan kompensasi ini tidak dirinci. (Baca: Soal Ganti Rugi, Ini Ketentuannya di Kontrak Langganan Telkom Indihome)

Kompensasi dari Telkom itu ternyata belum memuaskan sebagian pelanggan Indihome. Pantauan KompasTekno, Sabtu (25/9/2021), protes tentang hal tersebut banyak berslewiran di media sosial, juga kolom komentar berita Indihome di portal Kompas.com.

Pengguna Twitter dengan handle @WiratamaJody, misalnya, mengatakan bahwa ganti rugi yang diberikan seharusnya lebih dari yang diutarakan Telkom.

"Indihome kasih kompensasi pembayaran dari tanggal 20 sampai 25 hmmm, harusnya diskon tagihan lah," kicaunya, sambil disertai mention akun Twitter layanan pelanggan Indihome di @IndiHomeCare.

Banyak dari pengunggahnya menyatakan ketidakpuasan terhadap kompensasi yang diberikan oleh Telkom Indihome. Apalagi, sebagian mengaku layanan internetnya masih bermasalah hingga sekarang.

"Masa ganti rugi atas gangguan indihome cuma berupa pengunduran masa pembayaran sama tidak adanya denda keterlambatan pembayaran aja sih? Kirain bakalan ada potongan biaya bulanan kek, yang sekiranya layak disebut ganti rugi," ujar pengguna lain, @pvsppa.

Lantas, apakah pelanggan Indihome sebenarnya bisa mengharapkan kompensasi lebih dari Telkom atas gangguan jaringan yang dialami? Mari kita tengok syarat dan ketentuan layanan Indihome di tautan berikut.

Dalam pasal  "Kewajiban Telkom", tertulis bahwa Tekom wajib "memberikan kompensasi kepada pelanggan bila Jaminan Tingkat Layanan (Service Level Guarantee) layanan Indihome tidak terpenuhi atau terbukti terdapat kesalahan pada penagihan".

Di pasal "Pembatasan tanggung jawab Telkom" tertulis:

Telkom dibebaskan dari tanggung jawab atas pembayaran kompensasi atau kerugian yang ditanggung oleh pelanggan, baik kerugian langsung ataupun tidak langsung sebagai akibat dari berfungsinya atau tidak berfungsinya sambungan Layanan IndiHome, karena:

  • Kerusakan atau gangguan layanan Indihome akibat kesalahan atau kelalaian pelanggan
  • Perubahan Jaringan Indihome, perubahan nomor, atau jaringan telekomunikasi Telkom
  • Kegagalan interkoneksi Jaringan Indihome dengan penyelenggara telekomunikasi lain
  • Kesalahan tagihan akibat dari akses/pemakaian layanan Indihome yang disediakan oleh penyelenggara jasa telekomunikasi lain di luar Telkom
  • Kerusakan akibat peristiwa/kejadian diluar batas kendali normal Telkom (Force Majeure).

https://tekno.kompas.com/read/2021/09/25/09200067/sejumlah-pelanggan-indihome-protes-soal-ganti-rugi-gangguan-internet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke