Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Keren, Ponsel Android 12 Bisa Dikontrol dengan Gerakan Wajah

Salah satunya adalah fitur yang memungkinkan navigasi antarmenu dikontrol menggunakan gerakan wajah (facial gesture).

Nantinya, fitur facial gesture akan bisa diakses dengan dua cara, yaitu melalui aplikasi sistem terbaru di Android 12 yang bernama Accessibility Suite (via fitur Camera Switches), serta aplikasi Project Activate.

Di aplikasi Accessibility Suite, pengguna bisa menggunakan beragam ekspresi wajah, seperti membuka mulut, senyum, atau menggerakkan alis mata untuk menjalankan sejumlah perintah umum di ponsel, seperti memilih teks atau bernavigasi antarmenu.

Sementara itu, fitur facial gesture di aplikasi Project Activate bisa digunakan untuk mengaktifkan berbagai fitur di sejumlah aplikasi konvensional, seperti menyetel musik, mengirim SMS, dan lain sebagainya.

Selain fitur perintah menggunakan gerakan wajah, Google juga turut menghadirkan fitur handwriting recognition di aplikasi Lookout pada Android 12.

Kini, aplikasi tersebut bisa mendeteksi dan membacakan tulisan berbahasa latin via mode "Documents, serta mata uang Euro dan Rupee.

Pembaruan Android 12 juga bakal menurunkan sejumlah fitur yang sebelumnya eksklusif di ponsel Pixel, ke seluruh ponsel yang menjalankan OS dari suksesor Android 11 itu.

Dua di antaranya adalah fitur prediksi kalimat Smart Compose di aplikasi Google Keyboard, serta fitur Heads Up di aplikasi Digital Wellbeing untuk mengingatkan pengguna agar jangan meleng ketika sedang berjalan.

Ada pula fitur baru di Google Assistant yang memungkinkan pengguna melihat dan mengelola jadwalnya dengan mudah, serta fitur anyar di Nearby Share yang bisa digunakan untuk melihat mengontrol siapa saja yang bisa melihat perangkat perangkat kita.

Belum diketahui apakah fitur-fitur ini akan eksklusif di Android 12 atau tidak. Google juga belum mengumbar kapan sebenarnya Android 12 akan bisa dijajal pengguna smartphone di seluruh dunia.

Namun, OS teranyar ini konon akan dirilis ke publik pada akhir tahun ini atau sekitar bulan awal September - akhir November mendatang, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Senin (27/9/2021).

https://tekno.kompas.com/read/2021/09/27/09100067/keren-ponsel-android-12-bisa-dikontrol-dengan-gerakan-wajah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke