Salin Artikel

"Drop Test" iPhone 13 Pro Max Vs Samsung Galaxy S21 Ultra, Mana yang Lebih Tangguh?

KOMPAS.com - iPhone 13 Pro Max merupakan smartphone teranyar dari Apple saat ini. Ponsel tersebut adalah varian tertinggi dari jajaran iPhone 13 dan diklaim lebih tangguh dibanding pendahulunya.

Namun, apakah ponsel ini cukup tangguh ketika dijatuhkan? Bagaimana kalau dibandingkan dengan ponsel lain? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kanal YouTube PhoneBuff menggelar sebuah "uji jatuh" alias drop test.

Dalam drop test, iPhone 13 Pro Max diadu melawan Galaxy S21 Ultra dari Samsung yang menggunakan kaca pelapis dan pelindung layar Gorilla Glass Victus.

Pengujian dilakukan dengan memakai mesin khusus untuk menjatuhkan ponsel ke permukaan beton dari ketinggian 1,5 meter sebanyak satu kali dari berbagai sisi, yaitu belakang (back), ujung (corner), hingga depan (face).

Ketika dijatuhkan menghadap ke belakang, punggung iPhone 13 Pro Max tampak retak di sejumlah bagian, bahkan hingga ke lapisan modul kamera.

Terlihat pula ada butiran serbuk kecil yang muncul ketika iPhone 13 Pro Max dijatuhkan ke beton. Meski begitu, kondisi layarnya masih terbilang aman dari goresan apapun.

Di sisi lain, punggung Samsung Galaxy S21 Ultra juga nampak sama. Bagian ujung Galaxy S21 Ultra tampak sedikit retak ketika dijatuhkan dari sisi ujung ponsel yang menghadap ke bawah.

Modul kamera belakang Samsung Galaxy S21 Ultra pun masih mulus dan tidak terlihat adanya retakan di bagian tersebut. Sedangkan, bagian sisi modul kamera belakang iPhone 13 Pro Max sedikit menimbulkan retakan.

Tak aneh memang, karena kedua ponsel ini terbanting-banting ketika mencium permukaan kasar beton.

Selanjutnya, bagian ujung Galaxy S21 Ultra tampak sedikit terkikis ketika dijatuhkan dari sisi ujung ponsel yang menghadap ke bawah, sedangkan bagian sisi ujung iPhone 13 Pro Max hanya menimbulkan goresan saja, tidak tergerus.

Kemudian, ketika Samsung Galaxy S21 Ultra dijatuhkan menghadap ke depan (face), layarnya terlihat masih kokoh, namun ada goresan cukup serius di bagian bawah layar.

Sementara itu, layar iPhone 13 Pro Max menimbulkan retakan di beberapa bagian, sama dengan kerusakan yang dialami oleh bagian punggung tadi.

Kendati kerusakannya berbeda, kedua ponsel tampak masih bisa digunakan dengan normal.

Karena masih berfungsi dengan baik, PhoneBuff penasaran dan kembali menguji ketahanan iPhone 13 Pro Max dan Galaxy S21 Ultra dengan menjatuhkannya ke permukaan baja dari sisi depan sebanyak 10 kali dari ketinggian 1,5 meter.

Hasilnya, lapisan punggung iPhone 13 Pro Max sedikit terlepas dari bodi ponsel. Kaca yang melindungi modul kamera belakang juga menimbulkan retakan cukup serius.

Sedangkan bodi belakang Samsung Galaxy S21 Ultra masih mengalami kerusakan yang sama seperti di awal tadi. Hanya saja, layarnya menimbulkan retakan baru di sisi tengah.

Kaca bagian depan iPhone 13 Pro Max nampak tergores dan pecah, khususnya pada bagian samping kanan layar. Di sisi tengah juga terlihat adanya garis retakan yang cukup panjang.

iPhone 13 Pro Max sendiri sebenarnya masih bisa menyala setelah melalui tes tambahan tersebut. Charger MagSafe juga bisa berfungsi normal untuk mengisi daya, meski bagian belakang ponsel retak.

Namun, bodi ponsel bikinan Apple tersebut bisa dibilang mengalami kerusakan yang lumayan parah. Dengan kata lain, Galaxy S21 Ultra sedikit lebih tangguh dibanding iPhone 13 Pro Max dalam menahan efek kerusakan yang diakibatkan oleh benturan atau jatuh.

Untuk melihat video drop test iPhone 13 Pro Max vs Galaxy S21 Ultra yang dilakukan oleh PhoneBuff, kunjungi tautan berikut ini.

https://tekno.kompas.com/read/2021/09/29/08050087/-drop-test-iphone-13-pro-max-vs-samsung-galaxy-s21-ultra-mana-yang-lebih

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.