Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alienware Kembali ke Indonesia Rilis Laptop Gaming m15

KOMPAS.com - Setelah hengkang dari Indonesia pada 2016 lalu, merek laptop gaming Alienware dari Dell kembali ke pasar Indonesia dengan merilis rangkaian laptop gaming terbarunya.

Tak hanya di Tanah Air saja, peluncuran dengan format virtual tersebut untuk pertama kalinya digelar secara serentak di sejumlah negara di Asia dan Asia Tenggara.

"Peluncuran ini penting bagi kami, karena kami meluncurkan produk Alienware terbaru di lebih banyak pasar," ujar Vice President, Asia Emerging Markets and South Asia Consumer Business, Dell Technologies, Anothai Wettayakorn dalam acara peluncuran virtual, Rabu (29/9/2021).

"Kini, gamer dan penggemar Alienware di Indonesia, Vietnam, Kamboja, Brunei Darussalam, Myanmar, dan Mongolia akan bisa meminang laptop gaming terbaru dari keluarga Alienware dalam waktu dekat," imbuh Anothai.

Ada sejumlah model laptop gaming yang diperkenalkan Dell dalam acara tersebut, namun dua yang bisa dibilang menarik adalah Alienware m15 Ryzen Edition R5 dan m15 R6.

Seperti namanya, perangkat dengan embel-embel "Ryzen Edition" ini merupakan laptop gaming pertama Alienware yang menggunakan kombinasi prosesor (CPU) AMD Ryzen dan pengolah grafis (GPU) Nvidia GeForce RTX.

Beda Alienware m15 R5 dan m15 R6

Secara desain dan spesifikasi, Alienware m15 R5 Ryzen Edition dan m15 R6 sebenarnya nyaris identik.

Dari segi display, misalnya, keduanya memiliki layar berukuran 15,6 inci dengan resolusi Full HD untuk refresh rate 165 Hz, atau 240 Hz untuk resolusi QHD.

Perbedaan terletak di konfigurasi CPU yang digunakan masing-masing laptop, di mana Alienware m15 R5 menggunakan CPU seri AMD Ryzen 5000 H-Series, sementara Alienware m15 R6 menggunakan CPU Intel Core H-Series Generasi ke-11.

Selain itu, Alienware m15 R6 juga sudah dilengkapi dengan konektor Thunderbolt 4, tidak seperti Alienware m15 R5 yang belum dilengkapi dengan kontektor tersebut.

Meski hardware-nya berbeda, Alienware m15 R5 dan R6 sama-sama dibekali konfigurasi memori serupa, yaitu RAM hingga 32 GB (DDR4), serta media penyimpanan SSD hingga 1 TB.

Uniknya, kapasitas RAM dan storage di kedua laptop tersebut bisa ditambah sendiri oleh pengguna.

"Di Alienware m15 R5 dan R6, kapasitas RAM dan storage kini bisa di-upgrade untuk pertama kalinya karena memiliki dua slot," ujar Regional Product Manager, Dell Technologies, Leonard Kee dalam kesempatan yang sama.

Baik Alienware m15 R5 dan R6 turut dibekali dengan fitur keyboard AlienFX RGB, sistem pendingin Cryo-Tech, dan fitur Dynamic Boost 2.0 untuk meningkatkan performa hardware ketika dipakai bermain game.

Harga dan Ketersediaan

Di Indonesia, Alienware m15 Ryzen Edition R5 dijual dengan harga termurah Rp 38,1 juta, sedangkan Alienware m15 R6 dijual dengan harga termurah Rp 40,1 juta.

Pihak Dell belum menginformasikan detail spesifikasi laptop yang didapat untuk harga seperti di atas, misal detail prosesor, RAM, dan penyimpanan.

Kedua laptop ini bakal tersedia di pasar Indonesia mulai akhir Oktober 2021, di sejumlah kanal penjualan resmi yang bermitra dengan Dell di Indonesia, baik offline maupun online.

"Sama seperti negara Asia Tenggara lainnya, kami menjual produk kami di Indonesia melalui mitra penjualan Dell, mencakup distributor, reseller, hingga gerai resmi Dell itu sendiri," pungkas Anothai.

https://tekno.kompas.com/read/2021/09/29/18424487/alienware-kembali-ke-indonesia-rilis-laptop-gaming-m15

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke