Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bukan Hanya Pengguna Biasa, CIA dan NSA Pun Pakai Ad-Blocker di Browser

Bukan hanya pengguna biasa saja, dua agensi intel Central Intelligence Agency (CIA) dan National Security Agency (NSA) yang tergabung dalam Intelligence Community Amerika Serikat ternyata juga menggunakan ad-blocker untuk tujuan serupa.

Namun, alasan mereka lebih mengarah ke sekuriti, yakni agar komputer tidak disusupi program berbahaya. Sebab, iklan online bisa saja disisipi malware yang kemudian dapat menginfeksi perangkat.

Penggunaan ad-blocker oleh Intelligence Community AS terungkap lewat sebuah surat dari anggota senat AS asal negara bagian Oregon, Ron Wyden, sebagaimana dilaporkan outlet media Motherboard.

"Saya telah mendorong pemerintah untuk merespon lebih tepat terhadap ancaman pengawasan, termasuk dari pemerintah asing dan hacker yang mengeksploitasi iklan online untuk meretas sistem federal," tulis Wyden.

Menurut Wyden, dari penyelidikan senat, ditemukan bahwa beberapa perusahaan iklan meneruskan data warga AS ke negara-negara asing yang dipandang berisiko tinggi seperti China dan Rusia.

Disebutkan bahwa NSA telah menerbitkan panduan soal ini pada Juni 2018. Isinya menganjurkan organisasi-organisasi agar memblokir iklan-iklan dari internet, berdasarkan kekhawatiran atas potensi malware di baliknya.

Kemudian, pada Januari 2021, Cybersecurity and Infrastructure Security Agency (CISA) mempublikasikan panduan serupa untuk agensi-agensi federal dengan merekomendasikan ad-blocker.

"Agensi federal belum diharuskan menerapkan panduan NSA dan CISA ini. Namun, Chief Information Officer dari Intelligence Community memberitahu saya bahwa mereka sudah melakukannya," imbuh Wyden.

Malware di iklan online, menurut Wyden, berbahaya karena bisa mencuri, memodifikasi, atau menghapus data pemerintah.

Selain itu, lanjut dia, jejaring iklan juga mengumpulkan sejumlah besar data sensitif dari pengguna internet, seperti soal mobilitas mereka, web browsing, maupun aktivitas lainnya di internet.  Data tersebut disebutnya bisa dibeli oleh "siapapun yang memiliki kartu kredit"

"Tak mengejutkan jika kemudian agen intelijen asing ingin memperoleh data itu untuk digunakan dalam peretasan, pemerasan, dan menyebarkan pengaruh," ujar Wyden.

https://tekno.kompas.com/read/2021/09/30/12290087/bukan-hanya-pengguna-biasa-cia-dan-nsa-pun-pakai-ad-blocker-di-browser

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke