Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perkenalkan Matagi Snipers, Tim E-sports Lansia Asal Jepang

Misalnya seperti Matagi Snipers, sebuah tim e-sports yang berbasis di kota Akita, Jepang. Berbeda dari tim e-sports pada umumnya, Matagi Snipers beranggotakan delapan personel yang seluruhnya tergolong lansia.

Kedelapan anggota Matagi Snipers telah menginjak usia lanjut, yakni berkisar antara 66 hingga 73 tahun. Mereka terpilih dari sesi audisi yang diikuti oleh 21 partisipan.

Para peserta ini dipilih berdasarkan kemampuan dan bakat mereka dalam bermain video game, meski bukan tergolong sebagai gamer.

Bahkan salah satu anggota tim, yakni Eba, seorang nenek berusia 67 tahun, mengaku bahwa ia belum pernah menjajal game hingga bergabung ke Matagi Snipers.

"Sebelum sekarang, saya tidak pernah memainkan video game sama sekali," ungkap Eda sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Kotaku, Rabu (29/9/2021).

Setelah resmi bergabung dengan Matagi Snipers, Eba mengatakan bahwa ia merasakan dampak positif saat bermain video game.

Menurut Eba, kegiatan dapat membantunya mencegah gangguan kognitif. Sebab dalam bermain video game, pemain dituntut untuk menggerakkan mata dan tangan secara bersamaan.

Selain dari segi fisik, menurut Eda bermain game dapat membantu kemampuan berpikirnya tetap tajam, karena harus terus memikirkan strategi yang akan dilakukan di sepanjang permainan.

Tim Matagi Snipers diketahui kerap melakukan latihan rutin. Namun karena keterbatasan usia, frekuensinya tak sesering tim e-sports lain yang beranggotakan anak muda, yakni hanya dilakukan selama tiga kali dalam satu pekan.

Matagi Snipers berencana untuk memulai debutnya di platform Twitch dan YouTube mulai Oktober 2021 mendatang. Mereka ingin berkompetisi di turnamen dan menang. Seperti namanya, tim ini berfokus untuk memainkan game dengan genre First-Person Shooter (FPS).

Matagi Snipers merupakan tim e-sports lansia pertama yang dibentuk di Jepang. Namun, tim-e-sports dengan konsep serupa sebenarnya sudah terlebih dahulu diterapkan di belahan dunia lain.

Di Swedia, tim e-sports Silver Snipers yang beranggotakan personel berusia di atas 60 tahun pertama kali dibentuk pada tahun 2017. Tim tersebut diketahui memiliki fokus untuk bertanding pada game Counter-Strike: Global Offensive (CS: GO).

https://tekno.kompas.com/read/2021/09/30/16060007/perkenalkan-matagi-snipers-tim-e-sports-lansia-asal-jepang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke