Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hasil Pencarian Google Search Tampilkan Lebih Banyak Foto

KOMPAS.com - Pekan ini, Google merilis update untuk layanan mesin pencarinya, Search, dengan membawa sejumlah fitur dan tampilan baru di dalamnya.

Google Search kini dirombak dengan desain gaya baru yang menampilkan lebih banyak konten visual seperti foto dan video.

Menurut Google, tampilan baru ini disebut akan mempermudah pengguna dalam menemukan informasi atau hal-hal lain yang ingin mereka cari.

Misalnya ketika mengetik kata kunci "Salmon Mentai" di kolom search, Google pun kemudian akan menampilkan hasil pencarian yang didominasi oleh gambar dan video dari makanan tersebut.

Di halaman utama, juga akan muncul section "Images" dari gambar yang ingin dicari. Dengan demikian, pengguna tidak perlu repot meng-klik tab "Images" jika ingin menelusuri gambar dari kata kunci tersebut.

Google juga berencana akan menampilkan section "Things to Know". Selain itu, Google juga akan mengoptimalkan fitur berupa halaman khusus bernama "About this Search", untuk mempermudah pengguna mengevaluasi sumber informasi dari situs yang mereka cari.

Kemudian, ada pula section "About the Topic" yang akan menampilkan hasil pencarian dari sumber lain dengan konteks yang relevan.

Tak hanya layanan Search, Google juga menghadirkan kemampuan baru untuk aplikasi kamera pintar Google Lens.

Google Lens sendiri adalah tools berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) computer vision yang mampu menganalisis foto, mengenali obyek di dalamnya, dan mengambil informasi dari objek yang dibidik.

Pengguna Google Lens kini bisa menelusuri produk terkait dari hasil bidikan foto yang sudah diambil. Misalnya, setelah pengguna memotret kemeja bermotif bunga.

Mereka lantas bisa mencari produk lain yang relevan, seperti kaos kaki dengan motif yang sama.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Central, Jumat (1/10/2021), fitur dan section baru di Google Search ini sementara baru akan tersedia bagi pengguna yang berada di wilayah Amerika Serikat.

https://tekno.kompas.com/read/2021/10/01/06390037/hasil-pencarian-google-search-tampilkan-lebih-banyak-foto

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke