Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kata Kunci "Google" Diklaim Paling Populer di Mesin Pencari Bing

Klaim tersebut diutarakan Google saat menghadapi proses hukum di pengadilan Uni Eropa terkait tudingan monopoli.

Untuk memperkuat klaim tersebut pengacara Google, Alfonso Lamadrid, membawa sejumlah bukti yang diserahkan di pengadilan. Namun, tidak disebutkan secara rinci apa saja bukti tersebut.

Menurut Lamadrid, "Google" yang menjadi kata kunci paling banyak dicari di Bing menandakan bahwa orang-orang menggunakan mesin pencari Google bukan karena paksaan, melainkan kemauan mereka sendiri.

Sebagai informasi, Bing adalah mesin pencari di bawah bendera Microsoft yang hadir sejak 2009.

Uni Eropa sendiri menuding bahwa Google telah memanfaatkan kesuksesan Android dengan menjadikan Google sebagai mesin pencari default.

Atas tudingan tersebut, Google harus membayar denda sebesar 4,3 miliar Euro atau setara dengan Rp 71,2 triliun.

Lebih lanjut, Alfonso mengatakan, sebuah survei menunjukkan bahwa 95 persen pengguna Android lebih memilih Google ketimbang layanan mesin pencari lain.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5mac, Sabtu (2/10/2021), pihak Google menyatakan akan mengajukan banding atas sanksi yang dijatuhkan ke raksasa Silicon Valley itu.

Sanksi denda yang diterima Google akibat menyalahi persaingan usaha seperti ini, bukanlah yang pertama, melainkan sudah berkali-kali.

Pada Juni 2021 lalu, Google dijatuhi denda sebesar 220 juta Euro oleh pengawas persaingan usaha di Perancis (French Competition Authority, FCA), karena dinilai telah menyalahi regulasi persaingan usaha yang berkaitan dengan iklan online di Eropa.

Lalu di tahun 2019, Google sempat didenda sebesar 1,49 miliar Euro karena memblokir pengiklan pencarian online.

Sedangkan pada 2018, Google juga menerima rekor sanksi denda sebesar 4,34 miliar Euro, karena menggunakan sistem operasi Android untuk memblokir pesaingnya.

Kemudian pada 2017, Google dijatuhi denda 2,42 miliar Euro akibat menghalangi persaingan usaha dengan rivalnya yang bergerak di situs perbandingan harga belanja.

https://tekno.kompas.com/read/2021/10/02/18160077/kata-kunci-google-diklaim-paling-populer-di-mesin-pencari-bing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke