Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Facebook, WA, IG Sudah Down 8 Jam, Error dari Jam 10 Malam

Pantauan KompasTekno di situs Downdetector, layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp mulai error pada Senin (4/10/2021) pukul 22.00 WIB.

Lalu, laporan down ketiga aplikasi milik Facebook Inc. menyentuh puncaknya pada Senin malam sekitar pukul 23.00. Ketika itu, laporan down Facebook menyentuh angka 122.000 laporan. Sementara laporan error untuk layanan Instagram dan WhatsApp mencapai angka 98.000 dan 34.000.

Pantauan KompasTekno hingga Selasa pagi pukul 06.00 WIB, laporan down tiga layanan itu masih berdatangan di situs Downdetector, tapi jumlahnya sudah menurun.

Ini menandakan layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp sudah error kurang lebih selama 8 jam.

Laporan gangguan itu bukan hanya terjadi di Indonesia, melainkan juga di berbagai negara, seperti dari Asia Tenggara dan bahkan di Amerika Serikat dan negara-negara Eropa.

IG, FB, WA down bergema di Twitter

Pengguna tiga layanan milik Facebook Inc. itupun ramai-ramai mengeluhkan layanan down ini di Twitter. Misalnya yang terjadi pada pemilik akun Twitter dengan handle @depops.

Ia mengatakan, walau sudah melakukan sejumlah hal seperti restart ponsel, mengganti kartu SIM, mengecek koneksi WiFi, menghapus WhatsApp dan menginstal kembali, tetap saja layanan milik Facebook ini tidak bisa terhubung.

"Ternyata down semua!" tweet @depops dengan menyertakan hastag #instagramdown #whatsappdown.

Keluhan senada juga disampaikan oleh pengguna Twitter dengan handle @gempi05.

"emang nih ya di refresh berkali kali wa sama ig kirain wifi rumah bermasalah taunya emang lagi down !! plis lah @instagram @WhatsApp @Facebook" tweet dia.

Kebanyakan netizen juga menyayangkan layanan milik Facebook Inc yang error ini. Sebab ketiga aplikasi tersebut sangat dibutuhkan untuk keperluan pekerjaan, khususnya untuk berkomunikasi.

Pantauan KompasTekno, layanan Facebook, pengguna ketiga layanan tersebut berbondong-bondong beralih ke Telegram dan Twitter untuk berkomunikasi.

Facebook dkk minta maaf

Pihak Facebook, WhatsApp, Instagram sendiri telah mengetahui adanya gangguan ini di sejumlah negara, dan mengaku sedang melakukan investigasi.

Mereka pun meminta maaf atas gangguan yang terjadi. “Kami menyadari beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk kami. Kami sedang berupaya agar semuanya kembali normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” tulis Facebook.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link ini https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda terlebih dahulu harus install aplikasi Telegram di ponsel.

 

https://tekno.kompas.com/read/2021/10/05/06071067/facebook-wa-ig-sudah-down-8-jam-error-dari-jam-10-malam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke