Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pakar Ungkap Penyebab Facebook, Instagram, WhatsApp Error Hari Ini

Meski layanan sudah berangsur pulih, pihak Facebook Inc belum memberikan keterangan penyebab gangguan tersebut.

Namun, kepala peneliti perusahaan intelijen ancaman siber Bad Packets, mengatakan bahwa Domain Name System atau DNS adalah salah satu penyebab gangguan Facebook, Instagram, dan WhatsApp.

"Pemadaman Facebook tampaknya disebabkan oleh DNS, namun, itu hanyalah gejala dari masalahnya," kata Troy.

DNS sendiri berperan untuk menerjemahkan nama host atau situs (seperti Facebook.com), menjadi alamat IP yang dapat dibaca komputer. Kesalahan DNS cukup umum menjadi alasan mengapa situs tertentu tidak dapat diakses.

Penyebab kesalahan DNS bisa terkait alasan teknis, seperti masalah konfigurasi yang bisa diselesaikan dengan mudah. Namun, jika pemadaman layanan berlangsung lama dan masif, kemungkinan masalahnya lebih serius.

Troy juga mengatakan, selain DNS, tumbangnya layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp kali ini disebabkan adanya masalah di Border Gateway Protocol (BGP).

BGP ini berisi alamat IP dari nama DNS-nya dan bertugas untuk menentukan rute data yang diambil saat melewati lalu lintas informasi.

Hal senada juga diungkap CTO Cloudflare Inc, John Graham Cumming melalui akun Twitternya.

"Sekitar lima menit sebelum DNS Facebook berhenti bekerja, kami melihat banyak BGP berubah (kebanyakan menarik rute) untuk ASN (autonomous system number) Facebook," tulisnya lewat akun dengan handle @jgrahamc.

Facebook maupun anak perusahaannya, yakni Instagram atau WhatsApp tidak menjelaskan masalah teknis yang terjadi di layanan mereka.

Perusahaan jejaring sosial tersebut hanya mengabarkan bahwa mereka sedang melakukan perbaikan dan meminta maaf kepada penggunanya di seluruh dunia.

Dirangkum KompasTekno dari Wired, Selasa (5/10/2021), para pakar infrastruktur internet menduga bahwa Facebook melakukan kesalahan konfigurasi.

"Tampaknya, Facebook telah melakukan sesuatu pada rute mereka yang menghubungkan Facebook ke seluruh internet," jelas Cumming.

Layanan eksternal Facebook juga terdampak, sehingga pengguna juga tidak bisa log in ke Facebook lewat aplikasi pihak ketiga. Begitu juga jaringan internal perusahaan, tidak bisa menjangkau internet luar.

Hal ini cukup menjadi alasan mengapa perbaikan cukup memakan waktu berjam-jam.

Kejadian serupa pernah terjadi di tahun 2019, di mana pemadaman Google Cloud membuat para teknisis Google tidak bisa online untuk memperbaiki masalah Google Cloud.

Angelique Medina, Produk Marketing Cisco ThousandEyes mengatakan jika Facebook bisa segera mengembalikan konfigurasi maka layanan akan kemabli pulih.

"Ketika sudah diperbaiki, trafik akan mulai mengalir," kata Medina.

Saat ini, layanan Facebook, Instagram, dan WhatsApp mulai berangsur normal. Hal ini dikatakan CTO Facebook, Mike Schroepfer.

"Layanan Facebook kembali online saat ini, mungkin akan membutuhkan beberapa saat untuk kembali 100 persen. Teruntuk setiap bisnis kecil dan besar, keluarga, dan individu yang bergantung pada kami, saya meminta maaf," tulisnya dalam akun Twitter dengan handle @schrep.

https://tekno.kompas.com/read/2021/10/05/07265747/pakar-ungkap-penyebab-facebook-instagram-whatsapp-error-hari-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke