Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketika Sistem Internal Facebook Juga Bermasalah Saat FB, IG, dan WA Down

Facebook sebagai pemilik tiga platform tersebut menjelaskan apa yang terjadi di kantor pusat mereka saat gangguan terjadi. Mereka juga membeberkan penyebab FB, IG, dan WA mengalami gangguan selama berjam-jam.

Dalam blog resmi, Facebook mengatakan bahwa gangguan bermula dari masalah di sistem internal kantor Facebook, yakni adanya perubahan konfigurasi pada router backbone yang bertugas mengatur lalu lintas jaringan antar pusat data.

Perubahan tesebut kemudian berdampak pada sistem komunikasi eksternal, yakni adanya gangguan pada komunikasi trafik jaringan internal dan data center. Pada akhirnya, gangguan tersebut menghentikan seluruh layanan milik Zuckerberg, mulai dari Facebook hingga WhatsApp.

"Tim teknisi kami telah mengetahui bahwa ada perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengatur lalu lintas jaringan antar pusat data kami dan menyebabkan masalah yang mengganggu komunikasi," jelas Facebook.

Gangguan juga terjadi di sistem internal Facebook yang digunakan dalam operasional harian. Karena itulah, Facebook mengaku kesulitan mencari akar masalah dan memperbaiki masalah dengan cepat.

"Penyebab utama pemadaman ini juga mempengaruhi banyak alat dan sistem internal yang kami gunakan dalam operasional sehari-hari, hal ini mempersulit upaya kami untuk mendiagnosis dan menyelesaikan masalah dengan cepat," kata Facebook.

Saat ini, Facebook mengklaim layanannya sudah kembali normal. (Baca: WhatsApp Error 8 Jam, Layanan Berangsur Pulih Pagi Ini)

"Layanan kami saat ini sudah kembali online dan kami secara aktif akan bekerja sepenuhnya untuk mengembalikan operasional reguler. Kami ingin memperjelas bahwa kami meyakini akar penyebab pemadaman ini adalah perubahan konfigurasi yang salah," jelas Facebook meyakinkan penggunanya bahwa gangguan kali ini bukan disebabkan oleh peretasan.

"Kami juga tidak memiliki bukti bahwa data pengguna telah disusupi sebagai akibat dari pemadaman kali ini," kata Facebook menegaskan.

Penyebab ini sudah diduga para pakar sebelumnya. Dirangkum KompasTekno dari Wired, Selasa (5/10/2021), para pakar infrastruktur internet menduga bahwa Facebook melakukan kesalahan konfigurasi.

"Tampaknya, Facebook telah melakukan sesuatu pada rute mereka yang menghubungkan Facebook ke seluruh internet," jelas CTO Cloudflare Inc, John Graham Cumming.

Akibatnya, layanan eksternal Facebook pun terdampak, sehingga pengguna juga tidak bisa log in ke Facebook lewat aplikasi pihak ketiga.

Begitu juga jaringan internal perusahaan, tidak bisa menjangkau internet luar. Hal ini membuat perbaikan sistem cukup memakan waktu berjam-jam, sebagaimana yang telah dijelaskan Facebook.

Facebook juga menyampaikan permohonan maaf atas masalah yang terjadi di semua anak platformnya. Sebelumnya, CEO Facebook, Mark Zuckerberg juga telah menyampaikan permohonan maaf secara pribadi dan terbuka.

"Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger kembali online saat ini. Mohon maaf atas gangguan hari ini. Saya tahu betapa Anda mengandalkan layanan kami untuk tetap terhubung dengan orang-orang yang Anda pedulikan," tulis Zuckerberg di status Facebook-nya.

Dari pantauan KompasTekno di situs Down Detector, laporan terkait gangguan Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger mulai melandai.

https://tekno.kompas.com/read/2021/10/05/12390047/ketika-sistem-internal-facebook-juga-bermasalah-saat-fb-ig-dan-wa-down

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke