Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Hal Baru di Windows 11, Tampilan Lebih Segar hingga Kinerja Lebih Tinggi

Windows 11 menjadi penerus Windows 10 yang sudah berkiprah selama enam tahun sejak 2015. Windows 11 dapat diunduh secara gratis untuk para pemilik lisensi resmi Windows 10. 

Windows 11 dibekali dengan sejumlah fitur baru, seperti desain antarmuka yang lebih segar, aneka widget, hingga kemampuan menjalankan aplikasi Android tanpa emulator.

Berikut ini deretan fitur anyar di Windows 11, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari IGN South East Asia, Selasa (5/10/2021).

Di Windows 11 ini, Microsoft memindahkan letak icon bagian taskbar dan menu Start. Menu-menu itu tidak lagi ada kiri, melainkan sudah digeser ke sisi tengah seperti di dock macOS.

Sisi kiri pun terlihat bersih. Di sebelah kanan masih ada ikon yang akan menampilkan keterangan seperti jam, koneksi wireless, dan status baterai.

Windows 11 juga menampilkan visual yang lebih lembut dengan sudut ikon yang membulat, jendela yang memiliki efek transparan serta transisi animasi yang lebih halus.

Menurut Microsoft, antarmuka baru Windows 11 dirancang untuk mempermudah akses pengguna, terutama yang memiliki monitor berukuran besar.

Ada juga widget news feed yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk menampilkan berita sesuai dengan topik ketertarikan pengguna, baik politik internasional, e-sports, berita lokal, dan lain-lain.

Rangkaian widget Windows 11 ditempatkan di area transparan yang bisa dimunculkan dari sisi kiri layardengan menekan sebuah tombol di taskbar.

Snap Layout di Windows 11 menghadirkan sejumlah posi penyusunan baru, seperti meletakkan tiga jendela aplikasi secara berdampingan, satu jendela besar dengan dua jendela berukuran lebih kecil di sampingnya, dan banyak lagi.

Windows 11 pun mampu mengingat aplikasi mana saja yang dibuka dan seperti apa susunannya dalam Snap Group yang bisa disimpan di taskbar, untuk dibuka dalam keadaan persis sama di kemudian waktu.

4. Kinerja lebih tinggi

Selain tampilan yang cantik, kinerja Windows 11 pun lebih kencang, baik dalam hal bangun dari kondisi sleep, login Windows Hello, hingga browsing.

Update Windows yang berjalan di latar belakang juga dijanjikan berukuran 40 persen lebih kecil.

Khusus untuk gaming, Microsoft mengumumkan fitur baru bernama Direct Storage yang memungkinkan game mengunggah aset-asetnya secara langsung ke kartu grafis, sehingga bisa mempersingkat waktu loading dan rendering.

5. Game disulap jadi HDR

Masih seputar game, Windows 11 nantinya dapat menyulap game non-HDR dengan mengubah warna dan pencahayaannya sehingga menyerupai game dengan grafis HDR.

Fitur HDR otomatis ini sudah beberapa lama hadir di konsol Xbox sehingga penerapannya di Windows 11 tidak mengherankan.

Microsoft menjanjikan auto HDR akan diterapkan di lebih dari 1.000 judul game, termasuk Age of Empires Definitive Edition, Rocket League, Day Z, dan Doom 64.

Aplikasi-aplikasi Android itu tidak terintegrasi dengan Microsoft Store, melainkan harus diunduh dari Amazon Appstore.

Dari sana, pengguna bisa menjalankannya dari taskbar atau menu Start. Jendela apliaksi Android bahkan bisa di-snap seperti layaknya aplikasi Windows.

7. Mode tablet baru

Windows 11 menghadirkan pengalaman baru untuk pengguna tablet. Begitu perangkat laptop 2-in-1 diubah menjadi tablet, misalnya dengan mencopot keyboard, tampilan antarmuka Windows 11 otomatis akan ikut berubah.

Deretan ikon menjadi berukuran lebih besar dengan jarak yang lebih lebar agar lebih mudah disentuh.

Proses resize atau memindahkan jendela-jendela aplkasi pun dibuat jadi lebih gampang dengan animasi baru.

WIndows 11 turut menambahkan gestur navigasi baru untuk perangkat layar sentuh, seperti sapuan dengan tiga jari ke arah samping untuk snap jendela, dan ke arah bawah untuk minimize.

https://tekno.kompas.com/read/2021/10/05/21010047/7-hal-baru-di-windows-11-tampilan-lebih-segar-hingga-kinerja-lebih-tinggi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke