Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Fitur Baru Windows 11 yang Paling Ditunggu

Sebagai suksesor dari Windows 10, Windows 11 membawa sejumlah perombakan besar-besaran, khususnya dari desain antarmuka (UI) yang kini lebih segar dan bersih, pembaruan fitur manajemen jendela tugas, peningkatan kinerja, hingga dukungan aplikasi Android.

Sebelum resmi meluncur, sebagian pengguna sudah bisa mencicipi aneka fitur baru Windows 11 lewat program Windows Insider. Nah, dari sekian banyak pembaruan yang dibawa Windows 11, fitur mana saja yang paling disukai dan dinantikan kehadirannya?

Windows Report coba menemukan jawabannya dengan bertanya kepada sekitar 11.000 pengguna Windows yang berasal dari 177 negara.

Dalam survei tersebut, terdapat lima fitur baru Windows 11 yang menempati urutan teratas. Selengkapnya bisa dilihat di bawah, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Windows Report, Rabu (6/10/2021).

Memang, menu Start dan taskbar yang kini digeser ke sisi tengah menjadi perombakkan paling kentara di antarmuka Windows 11. Sebab di UI Windows 10 dan sebelum-sebelumnya, menu Start dan taskbar biasanya berada di sisi kiri layar desktop.

Walhasil, sisi kiri desktop Windows 11 bersih tanpa ikon apa pun. Untuk beberapa item, seperti jam, koneksi, atau baterai letaknya masih ada di sisi kanan taskbar.

Menu Start yang kini berada tepat di tengah juga membuat Windows 11 mirip dengan antarmuka MacOS di MacBook atau iMac.

Hal ini tak mengherankan. Sebab, ini merupakan pertama kalinya Microsoft menghadirkan kemampuan tersebut di Windows. Selama ini, aplikasi Andorid bisa dijalankan di sistem operasi Windows dengan bantuan emulator atau melakukan dual boot OS.

Dengan adanya dukungan aplikasi Android di Windows 11, aplikasi-aplikasi Android bisa ditemukan dan dipasang (install) melalui Microsoft Store atau juga bisa diunduh melalui Amazon App Store.

Setelah diunduh, aplikasi bisa disematkan (pin) ke taskbar atau disandingkan dengan aplikasi tradisional Windows.

Pantauan KompasTekno, aplikasi populer seperti Instagram, Telegram, Spotify, Netflix, WhatsApp, Messenger, Adobe Lightroom, dan lainnya sudah bisa ditemukan dan di-install di Windows 11.

Game Pass dan Auto-HDR sengaja dihadirkan Microsoft di Windows 11 untuk para gamer. GamePass sendiri memungkinkan pengguna untuk berlangganan game, melalui aplikasi baru Xbox di Windows 11.

Sementara itu, fitur suara baru dan fitur snap group layout masing-masing dipilih oleh 8 persen responden.

Sebenarnya terdapat fitur dalam kategori "lainnya" (others) yang memperoleh 13 persen suara. Sayangnya, Windows Report tidak mendetailkan fitur baru mana saja dari Windows 11 yang masuk dalam opsi "lainnya" ini.

https://tekno.kompas.com/read/2021/10/06/07490037/5-fitur-baru-windows-11-yang-paling-ditunggu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke