Salin Artikel

5G Telkomsel Rambah Papua, Kecepatan Tembus 1 Gbps

Namun, Telkomsel rupanya berkomitmen untuk terus memperluas cakupan jaringan 5G hingga ke pelosok negeri.

Hal ini ditandai dengan hadirnya jaringan 5G di bagian Timur Indonesia, yakni Papua, bertepatan dengan digelarnya Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam mengatakan bahwa langkah ini diharapkan dapat menghadirkan pengalaman konektivitas digital berteknologi jaringan broadband terdepan 5G untuk masyarakat Papua.

"PON XX Papua 2021 menjadi salah satu yang tepat untuk lebih memperkenalkan dan memberikan pengalaman akses konektivitas digital berteknologi terdepan 5G, yang berdampak positif kepada masyarakat di kawasan Indonesia Timur, terutama Papua," jelas Hendri dalam keterangannya, Selasa (5/10/2021).

Selama perhelatan olahraga nasional tersebut berlangsung, masyarakat serta pengunjung dapat menikmati pengalaman digital menggunakan jaringan 5G melalui gelaran showcase ‘Telkomsel 5G Experience Center’ yang berada di kawasan Stadion Lucas Enembe, Papua.

Beberapa syarat utama yang harus dipenuhi pengguna apabila ingin dapat menggunakan layanan Telkomsel 5G secara maksimal adalah dengan memastikan nomor telah mengaktifkan layanan 5G.

Selain itu smartphone juga sudah harus mendukung jaringan Telkomsel 5G dan pastikan telah menggunakan SIM card lama dengan tipe USIM, dan berada di lokasi sudah tercakup jaringan 5G.

Fitur Self-provisioning

Dalam rangka membantu pengguna mencari tahu seputar informasi di atas, Telkomsel turut memperkenalkan fitur self-provisioning layanan 5G, yang dapat diakses melalui aplikasi MyTelkomsel.

Melalui fitur ini, pelanggan dapat mengetahui apakah perangkat, SIMcard, lokasi sudah memungkinkan untuk mendapatkan akses jaringan dan layanan Telkomsel 5G.

Fitur self-provisioning yang disediakan Telkomsel juga dapat memungkinkan pengguna untuk melakukan aktivasi profil 5G untuk nomor ponselnya.

Selain dapat menikmati layanan 5G, pengguna juga dapat merasakan pengalaman teknologi digital yang disediakan Telkomsel, di antaranya seperti 5G virtual reality (VR) live yang menghadirkan momen virtual kondisi secara langsung di dalam stadion.

Pengunjung juga dapat melihat seluruh area stadion secara nyata melalui teknologi 5G VR based drone, serta menggunakan 5G VR Tourism untuk menyaksikan kekayaan alam dan budaya di Papua.

Kehadiran jaringan 5G di Papua tentu menambah pengalaman akses konektivitas digital. Seperti diketahui, 5G menawarkan beragam benefit yang tidak dimiliki oleh jaringan pendahulunya, yakni 4G.

Melalui jaringan 5G Telkomsel, pengguna diklaim dapat menikmati koneksi data lebih cepat untuk download dan streaming yang lebih lancar, hingga tingkat latensi yang sangat rendah.

Selama periode persiapan gelaran jaringan 5G di Papua, Telkomsel diklaim telah melakukan uji kecepatan jaringan 5G di stadion Lukas Enembe, Papua.

Alhasil, Telkomsel berhasil mencatatkan kecepatan download hingga 1 Gbps (1.000 Mbps) dengan latensi yang cukup rendah, yakni di angka 8 ms.

https://tekno.kompas.com/read/2021/10/06/11020007/5g-telkomsel-rambah-papua-kecepatan-tembus-1-gbps

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.