Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengapa Windows Vista Dianggap Produk Gagal?

KOMPAS.com - Windows 11 disambut antusias oleh pengguna ekosistem Microsoft Windows. Sistem operasi baru ini menyediakan tampilan yang lebih segar dibanding Windows 10.

Microsoft juga membuat antarmuka Windows 11 tak berubah drastis, sehingga membuat transisi pengguna terasa nyaman.

Soal upgrade Windows yang mengganggu kenyamanan ini, Microsoft memiliki sejarah buruk saat merilsi Windows Vista 15 tahun lalu, atau tepatnya pada November 2006.

Windows Vista sebetulnya digadang-gadang sebagai penerus dari Windows XP. Tetapi kenyataannya berbanding terbalik. Popularitas Windows XP justru semakin naik karena Windows Vista dinilai memiliki segudang kekurangan.

Lantas mengapa Windows Vista gagal?

Ada beberapa alasan, mengapa Windows Vista dicap sebagai salah satu produk Microsoft yang gagal dan kurang diterima baik di pasaran.

1. Kinerjanya lambat

Di awal kehadirannya, Windows Vista diharapkan memiliki kinerja yang lebih cepat jika dibandingkan dengan Windows XP. Akan tetapi, keadannya justru tidak demikian.

Ukuran source code yang dibutuhkan sistem operasi ini juga dinilai terlalu besar. Windows Vista membutuhkan 50 juta baris source code, alias 10 juta baris lebih banyak dibandingkan penerusnya, yaitu Windows 7.

Hal inilah yang menyebabkan kinerja dari sistem operasi Windows Vista menjadi lambat. Apalagi, jika pengguna yang ingin memasang sistem operasi ini masih menggunakan PC lawas alias belum memadai.

Itu artinya, saat dirilis, banyak perangkat PC yang belum bisa menjalankan Windows Vista secara efisien.

2. Kalah eksis oleh Windows XP

Saat Windows XP dirilis pada tahun 2001, tercatat ada sekitar 600 juta perangkat komputer di dunia yang menjalankan sistem operasi Windows.

Menurut situs teknologi Medium.com, 80 persen dari 600 juta perangkat komputer saat itu, dibagi menjadi dua, yakni Windows 95/Windows 98 (65 persen) dan Windows NT (25 persen).

Kemudian di tahun 2008, tercatat ada 1,1 miliar perangkat komputer yang digunakan di seluruh dunia. 80 persen di antaranya yaitu sekitar 800 juta perangkat komputer diklaim telah menggunakan Windows XP.

Hal itulah yang disebut merupakan pencapaian terbesar Windows XP sebagai sistem operasi yang paling banyak di-install saat itu.

Saking banyaknya jumlah komputer yang telah menggunakan Windows XP, tentu banyak orang sulit untuk beralih ke Windows Vista.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Medium, Kamis (7/10/2021), kala itu, pangsa pasar Windows XP juga diklaim meningkat dalam beberapa tahun, dan kian populer bagi pengguna perangkat laptop atau PC murah.

3. Masalah kompatibilitas 

Pada awal tahun 2000-an, Microsoft diserang oleh serangkaian program jahat worm dan malware.

Hal ini memaksa Microsoft untuk membuat produknya tetap aman. Di sisi lain, hal ini juga menyebabkan masalah kompatibilitas dengan Windows Vista.

Ada beberapa alasan mengapa saat itu sejumlah orang lebih memilih Windows XP. Salah satunya yaitu karena Windows XP dinilai memiliki kompatibilitas perangkat keras dan perangkat lunak yang lebih baik, serta dianggap sebagai sistem operasi yang stabil.

Saat pertama kali dirilis, Windows XP mampu menggabungkan perangkat lunak Windows 9x dengan kode NT atau "New Technology". Itu artinya, kinerja antara perangkat keras, perangkat lunak, dan driver mampu bersinergi dengan baik.

Sebaliknya, Microsoft justru tidak memprioritaskan kompatibilitas tersebut untuk Windows Vista.

Windows Vista

Itulah beberapa alasan mengapa Windows Vista gagal di pasaran, dan Microsoft pun  merilis Windows 7 pada 2009.

Sedikit tentang Windows Vista, melalui sistem operasi ini, Microsoft turut memperbarui tampilan Windows, dengan mengusung elemen transparan.

Beberapa layanan seperti Windows Media Player 11, Internet Explorer 7, serta Windows Defender pertama kali muncul di Windows Vista.

Sistem operasi ini juga menyertakan pengenalan suara, Windows DVD Maker, dan galeri foto. Windows Vista pun menjadi versi Windows pertama yang didistribusikan dalam bentuk DVD.

https://tekno.kompas.com/read/2021/10/07/13040037/mengapa-windows-vista-dianggap-produk-gagal-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke