Salin Artikel

Tanda-tanda Apple Watch Series 7, iPad Mini 6, dan iPad 9 Segera Masuk Indonesia

Indikasinya terlihat dari halaman Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Apple Watch Series 7, iPad Mini 9, serta iPad 9 lolos TKDN dengan angka 30 persen.

Ada dua sertifikat yang terdaftar pada tanggal 30 September 2021 dan diajukan oleh perusahan PT. Apple Indonesia. Pertama adalah sertifikasi komputer tablet dengan nomor sertifikasi 10423/SJ-IND.8/TKDN/9/2021.

Kemudian, sertifikasi kedua adalah smartwatch dengan nomor sertifikat 10424/SJ-IND.8/TKDN/9/2021. Ada dua model produk yang didaftarkan yaitu Apple Watch Series 7 model A2476 dan model A2478.

Sebagai informasi, bobot TKDN minimum 30 persen adalah salah satu syarat bagi perangkat 4G untuk bisa dipasarkan di Indonesia.

Selain sertifikat TKDN, perangkat 4G yang beredar di Indonesia juga harus memiliki sertifikasi dari Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Berdasarkan pantauan KompasTekno di situs resmi Dirjen SDPPI, Kamis (7/10/2021), sertifikat untuk Apple Watch Series 7, iPad Mini 6, dan iPad 9 belum muncul. Kemungkinan ketiga perangkat tersebut masih menjalani proses pengujian.

Apple Watch Series 7

Apple Watch Series 7 sendiri merupakan penerus dari Apple Watch Series 6 yang hadir dengan membawa sejumlah peningkatan salah satunya yaitu dari segi desain dan ketahanan perangkat. Ada dua model Apple Watch Series 7 yang diperkenalkan yaitu varian 41mm dan 45mm.

Soal ketahanan, Apple Watch Series 7 diklaim lebih tangguh. Apple mengklaim bahwa penutup kacanya mampu melindungi layar sehingga anti retak. Perangkat ini juga memiliki sertifikasi IP6X untuk ketahanan air dan debu.

Apple Watch Series 7 menjalankan sistem operasi WatchOS 8. OS ini membawa dukungan fitur yang mampu mendeteksi pengguna apabila sedang mengalami kecelakaan saat berolahraga, seperti terjatuh dan lainnya.

iPad Mini 6 dan iPad 9

Sementara itu, iPad 9 adalah suksesor dari iPad 8 yang dirilis Apple November tahun lalu. Sedangkan iPad Mini 6 merupakan penerus dari iPad Mini 5 keluaran 2019.

iPad Mini 6 mengusung desain baru dengan ukuran layar lebih lebar yakni 8,3 inci, dengan bingkai lebih tipis dan sudut yang membulat. Perangkat ini dibekali chip A15 Bionic dengan fabrikasi 5 nm, yang sama dengan iPhone 13.

Sementara untuk iPad 9, tablet yang memiliki layar 10,2 inci itu kini ditenagai oleh chip A13 Bionic. Kehadiran chipset terbaru ini memungkinkan iPad 9 memiliki peningkatan performa 20 persen lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.

Tak cuma itu, kamera selfie di iPad 9 juga ditingkatkan menjadi 12 MP dengan lensa ultrawide dengan bidang pandang 122 derajat.

Harga di AS

Saat diluncurkan, iPad Mini 6 dijual mulai dari 499 Dollar AS (sekitar Rp 7,1 juta). Sementara iPad 9, banderolnya dipatok mulai dari 329 Dollar AS (sekitar Rp 4,6 juta).

Sedangkan untuk Apple Watch Series 7, Apple membanderol perangkat ini dengan harga mulai dari 399 Dollar AS (sekitar Rp 5,6 juta).

Sayangnya, hingga kini masih belum ada informasi mengenai jadwal perilisan serta harga Apple Watch Series 7, iPad Mini 6, dan iPad 9 di Indonesia.

https://tekno.kompas.com/read/2021/10/07/14200027/tanda-tanda-apple-watch-series-7-ipad-mini-6-dan-ipad-9-segera-masuk-indonesia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.