Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Windows 11 Bikin Lemot Komputer dengan Prosesor AMD Ryzen

KOMPAS.com - Meskipun menawarkan tampilan lebih segar dan serangkaian fitur baru, sistem operasi terbaru Microsoft, Windows 11, ternyata bisa menurunkan performa komputer dengan prosesor AMD Ryzen.

AMD menjelaskan perihal penurunan kinerja tersebut dalam sebuah laman support di situs web resminya. Disebutkan bahwa ada dua persoalan yang menjadi pemicunya.

Pertama adalah latency cache level-3 (L3) di prosesor yang meningkat hingga 3 kali lebih lama dibanding biasanya ketika komputer menjalankan Windows 11. Efeknya, menurut AMD, kinerja saat menjalankan aplikasi menurun antara 3 hingga 5 persen.

Dampak masalah ini lebih kentara saat komputer menjalankan game. AMD mengatakan penurunan kinerja bisa mencapai 10-15 persen di judul-judul game e-sports.

Permasalahan kedua berkaitan dengan sistem pemilihan inti CPU yang diprioritaskan untuk menjalankan aplikasi (preferred core). Dampaknya, performa aplikasi yang sensitif terharap kinerja atau beberapa thread CPU bisa ikut terpengaruh.

Prosesor AMD yang kemungkinan terdampak salah satu atau kedua masalah di atas mencakup seri Ryzen 2000, 3000, 4000, hingga 5000 Series, juga lini Epyc dan Athlin

Selain itu, CPU AMD Epyc untuk komputer data center, serta sejumlah CPU seri Athlon terbaru juga turut terdampak, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Tom's Hardware, Jumat (8/10/2021). Daftar lengkapnya bisa disimak di tautan ini.

Menurut AMD, pihaknya tengah bekerja sama dengan Microsoft untuk menyediakan solusi bagi PC berprosesor AMD yang mengalami penurunan kinerja di Windows 11. Rencananya, perbaikan untuk dua masalah tadi akan disalurkan pada Oktober 2021.

https://tekno.kompas.com/read/2021/10/08/19310047/windows-11-bikin-lemot-komputer-dengan-prosesor-amd-ryzen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke