Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jeff Bezos Unggah Koran Lawas, Elon Musk Balas dengan Medali Runner-up

Bulan lalu, Elon Musk merebut predikat orang paling tajir di dunia versi Forbes, mengalahkan Bezos yang kini berada di posisi kedua. Yang menarik, baru-baru ini, Musk mengejek peringkat kekayaan Bezos itu secara terang-terangan di Twitter.

Ejekan Musk ini berawal ketika Bezos mengunggah twit dengan gambar sebuah halaman di surat kabar AS, Barron's. Surat kabar itu mengejek Bezos dan bisnis marketplace yang dibangunnya, Amazon.com.

Alih-alih disebut sebagai pionir bisnis dengan cara baru, Bezos dilabeli sebagai 'middleman' alias perantara saja.

"Ini hanyalah salah satu dari banyak cerita yang memberi tahu kami, kami akan gagal di sepanjang perjalanan. Saat ini, Amazon adalah salah satu perusahaan paling sukses di dunia dan telah merevolusi dua industri yang sama sekali berbeda," tulis Bezos.

Tanpa basa-basi dengan kalimat yang panjang, Musk membalas twit Bezos itu dengan emoji "medali perak" yang biasa diberikan pada seseorang di peringkat kedua (runner-up).

Emoji medali perak tersebut seperti menyiratkan ejekan Musk dengan maksud, meski Amazon diklaim sebagai "perusahaan paling sukses di dunia dan berhasil merevolusi dua industri yang berbeda" tetap saja pendirinya, Bezos, hanya berhasil menempati posisi kedua sebagai orang paling kaya di dunia. Masih kalah dari Musk yang berada di posisi pertama.

Kekayaan Musk dan Bezos

Menurut pantauan KompasTekno di situs Real Time Billionaires milik Forbes, Musk yang sekarang menjabat sebagai CEO SpaceX dan Tesla, terpantau memiliki kekayaan bersih mencapai 203,5 miliar dollar AS atau setara Rp 2.893 triliun.

Kekayaan Musk meroket berkat saham Tesla yang melonjak, yakni naik 8 persen sejak 1 September atau diestimasikan naik 80 persen selama setahun terakhir.

Sementara Bezos, kini harus berada di posisi kedua, tepat di bawah Musk, sebagai orang terkaya di dunia. Menurut Forbes, harta kekayaan bersih Bezos terpantau menurun.

Sebelumnya, kekayaan bersih Bezos ditaksir senilai 201 miliar dollar AS (sekitar Rp 2.859 triliun) pada awal September. Namun, sekarang menjadi 189,5 miliar dollar AS (sekitar Rp 2.823 triliun).

Ini bukan ejekan pertama yang dilontarkan Musk untuk pesaingnya itu. Sebelumnya, Musk beberapa kali mengejek Bezos menggunakan emoji kucing.

Emoji tersebut melambangkan Bezos sebagai "copycat" alias peniru, sebagaimana dihimpun kompasTekno dari Forbes, Rabu (13/10/2021).

Emoji kuncing itu pertama digunakan setelah Amazon ikutan masuk ke bisnis satelit internet, bersaing dengan Starlink dari SpaceX.

Lalu yang kedua digunakan setelah Amazon mengakuisisi perusahaan mobil self-driving Zoox, bersaing dengan Tesla.

Beberapa waktu lalu, Elon Musk juga mengejek bentuk roket New Shepard milik Jeff Bezos. Roket tersebut memang ramai diperbincangkan karena bentuknya menyerupai organ reproduksi pria.

Ketegangan antara Musk dan Bezos sempat meningkat awal tahun ini ketika Blue Origin, perusahaan roket Bezos mengajukan gugatan terhadap pemerintah AS soal pekerjaan kontrak pendaratan Bulan senilai 2,9 miliar dollar AS yang diberikan SpaceX (perusahaan roket Musk) kepada NASA.

https://tekno.kompas.com/read/2021/10/13/07280077/jeff-bezos-unggah-koran-lawas-elon-musk-balas-dengan-medali-runner-up

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke