Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Salin Artikel

Instagram Bakal Bilang-bilang Dulu kalau "Down"

Banyak yang mencari informasi lewat platform lain seperti Twitter atau "googling" di mesin pencarian untuk mencari berita tumbangnya layanan Instagram.

Ke depan, pengguna Instagram tidak perlu terlalu bingung lagi jika layanan Instagram mengalami ganggaun serentak.

Pasalnya, anak perusahaan Facebook Inc. itu sedang menguji coba fitur baru yang akan memberi tahu pengguna jika layanan tumbang dan berdampak ke banyak pengguna. Informasi itu diumumkan Instagram dalam blog resmi mereka.

Instagram mengklaim bahwa mereka mengetahui jika penggunanya kerap kebingungan untuk memvalidasi gangguan di Instagram.

"Minimnya penjelasan akan membuat bingung, itulah mengapa kami ingin mempermudah pemahaman tentang apa yang sedang terjadi, langsung dari kami," kata Instagram dalam rilisnya.

Nantinya, informasi gangguan Instagram akan muncul di tab "Aktivitas" (lambang hati) yang biasa digunakan pengguna untuk mengecek notifikasi.

Instagram akan memberi tahu jika ada ganggan teknis dan menginformasikan kembali jika gangguan sudah teratasi.

"Saat ini sedang ada masalah teknis yang mempengaruhi," begitu kira-kira informasi yang akan muncul jika Instagram memberi pengumuman adanya gangguan.

Pengguna juga akan diberi tahu bahwa bukan hanya akunnya saja yang sedang mengalami masalah saat mengunggah atau menonton konten Instagram.

Akan tetapi, tidak semua gangguan akan diumumkan lewat notifikasi.

"Kami tidak mengirimkan notifikasi setiap kali ada gangguan tapi ketika kami melihat pengguna bingung mencari informasi, kami akan memutuskan bahwa notifikasi seperti ini akan membantu menjernihkan situasi," terang Instagram.

Uji coba ini akan dimulai di Amerika Serikat dan berlanjut dalam beberapa bulan ke depan. Belum diketahui kapan fitur ini akan resmi dirilis secara global ke seluruh pengguna Instagram.

Fitur ini akan memberi informasi detail mengapa akun pengguna ditangguhkan atau ada unggahan yang dihapus.

Pengguna juga bisa melihat kembali pedoman kebijakan platform yang dinilai Instagram telah dilanggar, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari halaman resmi Instagram, Rabu (13/10/2021).

Apabila pengguna merasa keputusan Instagram tidak adil atau kurang berkenan dengan keputusan tersebut, pengguna bisa mengajukan peninjauan.

Instagram mengatakan akan menambah beberapa detail informasi di fitur ini dalam beberapa ke depan. Seperti sebelumnya, fitur Account Status juga akan diuji coba terlebih dahulu di AS ke sejumlah pengguna.

https://tekno.kompas.com/read/2021/10/13/12160087/instagram-bakal-bilang-bilang-dulu-kalau-down-

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke