Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Besar Vendor Smartphone Global Kuartal III-2021, Siapa Juaranya?

Meski tak dijelaskan secara spesifik berapa total pengiriman ponsel pada kuartal III-2021, Canalys menyebutkan bahwa penurunan ini disebabkan oleh kelangkaan komponen semikonduktor, termasuk di industri smartphone, dalam beberapa waktu belakangan.

Akibat dilanda kelangkaan komponen, Canalys melaporkan, beberapa vendor ponsel memperlihatkan pertumbuhan pengiriman ponsel yang cenderung stagnan bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2020 lalu (YoY).

Namun ada sejumlah vendor yang memperlihatkan pertumbuhan positif meski sangat kecil persentasenya. Urutan lima pabrikan smartphone global untuk kuartal-III 2021 menurut Canalys adalah sebagai berikut.

Canalys mengungkapkan bahwa kelangkaan komponen semikonduktor global memberikan tekanan kepada industri smartphone. Kelangkaan diprediksi masih akan berlanjut hingga 2022 mendatang.

Para pemain di industri smartphone pun terpaksa beradaptasi. Misalnya, produsen chip yang menjadi "otak" smartphone menaikkan harga komponennya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Canalys Newsroom, Senin (18/10/2021).

Menurut Canalys, harga chip yang naik, ditambah dengan tingginya biaya pengiriman global di tengah kelangkaan komponen ini, pada akhirnya membuat vendor ponsel menaikkan harga jual ponsel mereka. 

Contohnyaseperti yang dilakukan Xiaomi Indonesia belum lama ini. Xiaomi memutuskan untuk menaikkan harga jual delapan model ponselnya di Tanah Air sebesar Rp 100.000 akibat krisis chip.

Di samping itu, menurut Canalys, kelangkaan komponen juga membuat ketersediaan pasorkan smartphone global menjadi terbatas dan kemungkinan akan berpengaruh pada berbagai macam promosi dan diskon, terutama di musim liburan nanti.

https://tekno.kompas.com/read/2021/10/18/15100007/5-besar-vendor-smartphone-global-kuartal-iii-2021-siapa-juaranya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke