Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apple "Putar Balik", Kembalikan MagSafe dan Hapus Touch Bar di MacBook Pro 2021

Desain jajaran MacBook Pro 2021 ini pun mencuri perhatian. Sebab, untuk pertama kalinya Apple membubuhkan poni alias notch di bagian atas layar MacBook.

Poni tersebut mirip seperti yang dimiliki iPhone. Poni tersebut memuat kamera FaceTime yang kini beresolusi 1080p dengan sensor gambar yang lebih besar, dan chip pengolah gambar (ISP) untuk memproses hasil foto atau video.

Selain poni, Apple terkesan memilih untuk "putar balik" dengan mengembalikan fitur yang hilang di MacBook Pro versi sebelumnya, seperti konektor pengisi daya MagSafe dan modul card reader SDXC.

Di samping itu, Apple juga kini memilih melenyapkan fitur yang selama 5 tahun belakangan ini selalu ada di jajaran MacBook Pro, yaitu panel Touch Bar.

Karena itulah, saat meluncurkan MacBook Pro 2016, Apple memilih memangkas sebagian besar lubang konektor yang sebelumnya ada di bodi laptopnya. Misalnya, menggantikan
konektor pengisi daya MagSafe dengan USB Type-C.

Lalu, Apple juga menghapus SD card reader. Ketika itu, hilangnya slot ini banyak dikritik karena sebenarnya masih dibutuhkan oleh para fotografer untuk transfer data.

Tapi, di tahun 2021 ini, Apple "putar balik" dan mengembalikan fitur yang sebelumnya hilang, yakni port MagSafe dan SD card reader di MacBook Pro 2021.

Dengan kembalinya port MagSafe ke lini MacBook Pro maka pengguna harus melakukan pengisian daya dengan kabel adapter MagSafe, tak lagi menggunakan kabel USB Type-C.

Kembalinya MagSafe ke lini MacBook Pro sebenarnya sudah terendus sejak awal tahun 2021 ini.

Analis kenamaan, Ming Chi-kuo kala itu memprediksi bahwa Apple akan mengembalikan port tersebut ke MacBook Pro. Prediksi itu pun terbukti benar adanya.

Misalnya, di sisi sebelah kanan bodi laptop kini terdapat 1x port HDMI, 1x port Thunderbolt 4, dan 1x modul card reader SDXC. Sementara itu, di sebelah kirinya terdapat 1x port MagSafe 3, 2x port Thunderbolt 4, dan 1x audio jack 3,5 mm.

Touch Bar sendiri merupakan tombol sentuh yang dilengkapi dengan berbagai fungsi, seperti akses cepat ke Siri, bookmark di browser, memperlihatkan daftar emoji, navigasi, hingga mengedit foto. Tombol-tombol yang ada di Touch Bar sendiri dapat diatur sesuai keinginan pengguna.

Namun, setelah 5 tahun selalu hadir di jajaran MacBook Pro, Apple memilih menghapus panel Touch Bar ini dari MacBook Pro 2021 dan mengembalikan tombol Functions fisik.

Dalam acara perkenalan MacBook Pro 2021 secara daring, Apple mengatakan "penggunanya menghargai deretan tombol Functions full-height pada Magic Keyboard. Dan kami telah membawanya ke MacBook Pro".

Sehingga Apple memilih membawa kembali "rasa taktil yang familiar dari tombol mekanik yang disukai oleh pengguna MacBook Pro ini", sebagaimana dihimpun dari ScreenRant.

https://tekno.kompas.com/read/2021/10/19/12130027/apple-putar-balik-kembalikan-magsafe-dan-hapus-touch-bar-di-macbook-pro-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke