Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Konsumen Gojek Disebut Loyal Meski Tak Ada Promo

Berdasarkan riset tersebut, sebanyak 86 persen pengguna Gojek dinilai tetap setia menggunakan layanan dalam ekosistem Gojek, meski Gojek tidak memberikan promo atau potongan harga.

Hal tersebut dipaparkan oleh Peneliti LD FEB UI, Alfindra Primaldhi dalam sebuah acara konferensi pers yang digelar online, Kamis (21/10/2021).

Menurut Alfindra, tingkat loyalitas yang ditunjukkan oleh konsumen Gojek telah melampaui loyalitas terhadap promo.

"Mayoritas konsumen yang pernah menggunakan layanan Gojek, lebih sering atau selalu menggunakan layanan Gojek dibandingkan layanan serupa, meskipun tanpa promo," jelas Alfindra.

Lebih lanjut, Alfindra turut memaparkan kebiasaan konsumen Gojek yang juga lebih sering/selalu menggunakan layanan Gojek dibandingkan layanan serupa yang tawarkan kompetitor.

Kebiasaan tersebut dibagi berdasarkan jenis layanan yang tersedia dalam ekosistem Gojek yang mencakup GoFood, GoCar, GoRide, GoSend, dan Go Mart.

Menurut hasil riset LD FEB UI, tingkat loyalitas yang ditunjukkan konsumen Gojek cenderung paling tinggi pada layanan GoFood 90 persen, diikuti oleh GoCar 89 persen, dan GoRide 81 persen.

Sementara layanan pengiriman antar barang GoSend mencapai 77 persen dan layanan belanja GoMart sebesar 67 persen.

Tidak hanya setia, konsumen Gojek bahkan tidak sungkan untuk merekomendasikan layanan yang telah mereka gunakan kepada orang lain.

Layanan tersebut termasuk GoFood (89 persen), GoCar (84 persen), GoMart (83 persen), GoRide (83 persen), dan GoSend (82 persen).

Riset yang dilakukan oleh LD FEB UI melibatkan 47.218 responden yang terdiri dari GoRide (10.837 mitra), GoCar (9.756 mitra), GoSend dan GoKilat (7.228 mitra), GoFood (4.363 mitra yang menggunakan GoBiz), social seller (1.728 mitra), dan konsumen sebanyak 8.559 orang.

Sebanyak 95 persen dari mayoritas responden tersebut tersebar di 21 kota, yakni Manado, Samarinda, Balikpapan, Pekanbaru, Makassar, Palembang, Lampung, Medan, Denpasar, Solo, Tangerang Selatan, Depok, Semarang, Malang, Bogor, Yogyakarta, Tangerang, Bekasi, Surabaya, Bandung, dan Jakarta.

https://tekno.kompas.com/read/2021/10/21/18020017/konsumen-gojek-disebut-loyal-meski-tak-ada-promo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke