Salin Artikel

Sony Didenda Rp 2,2 Miliar di China gara-gara Tanggal Peluncuran Produk

Gara-garanya, pabrikan kamera asal Jepang itu mengumumkan bakal meluncurkan produk baru pada tanggal 7 Juli 2021. Padahal, tanggal tersebut menandai insiden jembatan Marco Polo pada 1937 yang memicu perang kedua antara China dan Jepang.

Sony mengunggah teaser peluncuran di situs Alpha Universe dan kanal YouTube resminya, dengan mencantumkan tanggal 7 Juli pukul 10.00. Pengumuman Sony memicu reaksi negatif dari publik China sehingga teaser kemudian dihapus. Sony pun memohon maaf.

"Karena proses perencanaan kerja yang buruk, kami telah menyebabkan kesalahpahaman dan kebingungan dalam pemilihan tanggal. Kami mohon maaf atas hal ini dan akan membatalkan acara terkait sesegera mungkin," tulis Sony dalam sebuah posting di media sosial Weibo.

Kendati demikian, Sony tetap dijatuhi denda oleh pemerintah China karena dinilai telah melukai kehormatan negara tersebut. Hukum periklanan di China memang menyatakan bahwa iklan online tidak boleh merugikan kehormatan atau kepentingan negara.

Dalam sebuah pernyataan, Sony mengatakan pihaknya menghormati dan akan menaati ketentuan sanksi dari pemerintah China.

"Kami akan menjadikan kasus ini sebagai pelajaran untuk mengambil langkah pencegahan dalam kegiatan operasional sehari-hari," ujar Sony, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Nikkei Asia, Minggu (24/10/2021).

Adapun acara peluncuran produk Sony kemudian ditunda hingga 27 Juli. Produk itu ternyata merupakan kamera mirrorless ZV-E10 yang ditujukan bagi vlogger.

https://tekno.kompas.com/read/2021/10/24/16100047/sony-didenda-rp-2-2-miliar-di-china-gara-gara-tanggal-peluncuran-produk

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.