Salin Artikel

Apa Arti Emoji Kepala Batu?

Emoji kepala batu diilustrasikan sebagai batu abu-abu atau cokelat, yang diukir menjadi kepala manusia, dengan alis dan hidung yang menonjol.

Pada umumnya, emoji kepala batu memiliki posisi wajah menghadap ke kiri, tapi ada pula yang menghadap kanan atau depan. Lantas apa arti emoji kepala batu sebenarnya?

Arti emoji kepala batu

Berikut adalah arti emoji kepala batu. Emoji kepala batu biasanya digunakan untuk mengekspresikan ketabahan, tekad, ketidakputusasaan, muka datar, atau konyol.

Contoh penggunannya seperti berikut: "Aku akan menutup semua media sosial dan fokus menyelesaikan skripsi! (emoji kepala batu)"

Akan tetapi, seperti penggunaan emoji lainnya, tidak ada aturan baku mengenai penggunaan dan pemaknaan emoji kepala batu. Pengguna bebas menggunakan emoji kepala batu untuk mengekspresikan apapun.

Ada dua versi mengenai asal-usul emoji kepala batu. Ada yang berpendapat jika emoji ini terinspirasi dari patung batu raksasa Moai di Pulau Paskah, Chile, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Emoticon.id.

Moai merupakan patung raksasa berwujud wajah manusia yang dipahat dari batu.

Namun, ada pula yang berpendapat bahwa emoji ini terinspirasi dari landmark ikonik patung Moyai di Stasiun Shibuya, Tokyo, Jepang.

Patung ini diberikan oleh Niijima, sebuah pulau vulkanik di bawah administrasi Tokyo, pada tahun 1980. Dalam dialek lokal, "Moyai" diartikan sebagai "bekerja sama dalam usaha".

Jika dilihat, patung Moyai di Stasiun Shibuya memang mirip patung Moai di Pula Paskah. Hidungnya lebar dan panjang, serta alisnya yang menonjol. Hanya saja, patung Moyai di Jepang hanya memiliki bagian wajah saja, tanpa badan.

Apalagi, konon emoji kepala batu cukup populer digunakan di Jepang, menurut laman Dictionary.

Mulanya, penamaan resmi emoji ini di Unicode 6.0 memang "Moyai", yang dirilis tahun 2010 lalu bersamaan dengan beberapa emoji khas Jepang, seperti emoji Tokyo Tower.
Tidak diketahui kapan namanya dikenal menjadi "Moai".

Lain nama, lain wujud

Bentuk emoji kepala batu di masing-masing platform bisa saja berbeda. Selain warna dan bentuk, perbedaan antar-emoji kepala batu biasanya terletak dari posisi wajahnya menghadap.

Di WhatsApp misalnya, emot kepala batu memalingkan muka ke arah kanan, seperti di Messenger. Sementara di Twitter, emoji kepala batu menghadap ke depan.

Kebanyakan emoji kepala batu yang menghadap ke kiri, seperti yang ada di platform Apple, Facebook, Google, Mozilla, dan Samsung.

Penamaan di masing-masing platform juga berbeda. Emoji kepala batu juga dikenal dengan nama emoji Easter Island, Human Rock Carving, Moai, dan Moyai Statue.

https://tekno.kompas.com/read/2021/10/26/08050037/apa-arti-emoji-kepala-batu-

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.