Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ciri HP Android dan iPhone yang Tak Bisa Lagi Pakai WhatsApp Mulai 1 November 2021

Adapun ciri HP yang tidak bisa menggunakan WhatsApp mulai 1 November mendatang adalah ponsel yang menjalankan sistem operasi lama.

Melalui laman resmi WhatsApp, disebutkan bahwa jenis HP yang tidak bisa menggunakan WhatsApp adalah smartphone yang menjalankan sistem operasi Android versi 4.0.4 dan iOS 9, atau versi lebih tua dari keduanya.

"Silakan ganti perangkat yang mendukung atau simpan riwayat perpesanan sebelum tanggal tersebut," tulis pihak WhatsApp, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (26/10/2021).

Android versi 4.0.4 dikenal dengan julukan Ice Cream Sandwich dan diumumkan Google pada 19 Oktober 2011. Umurnya sudah genap sepuluh tahun. Google sendiri telah menghentikan dukungan untuk Android Ice Cream Sandwich tahun 2018 lalu.

Sejak 2020, Google tidak lagi menampilkan statistik distribusi sistem operasi Android berdasarkan versinya di situs developer Android.

Namun, berdasarkan laporan dari Statcounter, seharusnya jumlah ponsel yang menjalankan OS Android versi 4.0.4 atau yang lebih lama seharusnya sudah sangat sedikit, di bawah angka terendah 3,44 persen yang dicatat oleh Android versi 8.0, Oreo. 

iPhone yang tidak bisa menggunakan WhatsApp

Sementara untuk jenis iPhone yang tidak bisa menggunakan WhatsApp mulai 1 November 2021 nanti adalah iPhone yang menjalankan sistem operasi iOS 9 atau versi di bawahnya.
iOS 9 merupakan pembaruan dari iOS 8 yang dirilis Apple enam tahun lalu.

Berbeda dari Android, iPhone biasanya jauh lebih cepat mendapat update ke sistem operasi terbaru karena tidak ada masalah fragmentasi pembuat perangkat. iPhone pun bisa mendapat update ke iOS versi terbaru dalam waktu lebih lama, hingga 5 tahun sejak pertama dirilis.

Namun, tetap saja ada model-model iPhone lawas yang sudah "mentok" di versi iOS tertentu, alias tidak bisa update ke versi berikutnya yang lebih baru.

Dalam hal ini, iPhone yang stuck dengan iOS 9 adalah iPhone 4S dan iPhone 4 atau yang lebih lawas. Dengan kata lain, model-model iPhone tersebut tidak akan bisa menjalankan WhatsApp lagi mulai 1 November 2021 nanti.

Adapun iPhone 5/5C/5S atau yang lebih baru masih mendapatkan update ke iOS 10 sehingga masih bisa menjalankan WhatsApp.

Jika masih menggunakan HP Android atau iPhone lama ada baiknya untuk segera mengecek versi sistem operasi yang digunakan saat ini. Apabila pembaruan perangkat lunak baru masih tersedia, segera lakuan update.

Sebelum melakukan update, pastikan daya dan kapasitas memori perangkat cukup, serta koneksi internet stabil agar proses unduhan dan instalasi berjalan lancar.

Cara cek dan update Android ke versi terbaru

Untuk smartphone Android, caranya mungkin bisa agak berbeda-beda lantaran masing-masing merek punya antarmuka (user interface/UI) yang belainana pula. Tapi secara umum, langkahnya hampir sama.

Dalam tutorial berikut, KompasTekno menggunakan ponsel Galaxy Note 9 dengan Android 10 dan antarmuka One UI 2.5, berikut caranya:

  1. Buka menu pengaturan.
  2. Gulir layar ke bawah, klik menu "tentang ponsel/about phone".
  3. Klik informasi perangkat lunak. Nantinya akan muncul informasi versi Android, sekaligus UI yang sedang digunakan.
  4. Untuk memperbarui versi Android, buka menu pengaturan > "update software/update perangkat lunak" > "unduh dan instal"

Cara cek dan update iOS ke versi terbaru

Untuk melihat versi iOS yang sedang dijalankan iPhone saat ini, bisa dilakukan dengan cara berikut:

  1. Buka menu "Settings/pengaturan".
  2. Klik opsi "General/umum".
  3. Klik opsi "About/tentang".
  4. Nantinya muncul informasi versi software yang dijalankan iPhone.

Kemudian untuk cara update iPhone ke iOS versi baru bisa dilakukan dengan langkah berikut:

  1. Buka menu "Settings/pengaturan".
  2. Klik menu software update/pembaruan perangkat lunak.
  3. Nantinya akan muncul versi iOS terbaru yang tersedia, klik unduh dan instal.
  4. Tunggu hingga proses unduhan dan instalasi rampung.

https://tekno.kompas.com/read/2021/10/26/15030097/ciri-hp-android-dan-iphone-yang-tak-bisa-lagi-pakai-whatsapp-mulai-1-november

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke