Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fitur Transfer Chat WhatsApp dari iPhone Hadir di Android 12

Dalam sebuah unggahan di blog resmi, Manajer Produk Google, Paul Dunlop, mengumumkan bahwa fitur transfer chat WhatsApp tersebut resmi hadir di smartphone dengan sistem operasi Android 12. 

"Fitur transfer chat WhatsApp ini juga akan tersedia di smartphone baru (merek lainnya) yang diluncurkan dengan OS Android 12 pre-installed," kata Dunlop.

Untuk saat ini, deretan ponsel Pixel buatan Google, menjadi ponsel non-Samsung pertama yang kebagian fitur transfer chat WhatsApp ini. Hal ini mengingat update Android 12 versi stable sendiri baru tersedia terbatas untuk smartphone Pixel.

Sistem operasi (OS) Android 12 sendiri dirilis pada 19 Oktober lalu.

Adapun daftar ponsel Pixel yang kebagian fitur transfer chat WhatsApp dari iPhone ke Android adalah sebagai berikut:

Lalu, pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi WhatsApp terbaru di iPhone dan ponsel Android, tak perlu mengunduh aplikasi tambahan untuk memindahkan riwayat obrolan WhatsApp dari iPhone ke ponsel Android.

Hal ini berbeda dengan ponsel Samsung yang harus mengunduh aplikasi Samsung Smart Switch terlebih dahulu.

Selanjutnya, kata Dunlop, pengguna hanya perlu mengubungkan iPhone dengan ponsel Android yang baru menggunakan kabel adaptor USB C dan Lightning.

Nantinya, di ponsel Pixel atau ponsel dengan OS Android 12, akan muncul kode QR untuk memulai proses transfer riwayat obrolan WhatsApp.

Pengguna bisa memindai kode QR tersebut dengan iPhone miliknya. Kemudian klik "start" untuk mulai men-transfer chat WhatsApp dari iPhone ke Android.

Bila terkendala saat proses scanning kode QR, pengguna bisa mentransfer chat secara manual dengan mengakses "Settings" > "Chats" > "Move Chats to Android" di iPhone. Lalu klik "start".

Pastikan saat proses transfer, iPhone dan ponsel Android baru milik pengguna selalu terhubung kabel adaptor USB C dan Lightning.

Selain itu, pastikan juga layar iPhone tidak dalam mode terkunci dan aplikasi WhatsApp di iPhone selalu terbuka agar proses transfer chat berjalan mulus, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Blog Google, Kamis (28/10/2021).

Setelah proses transfer selesai, maka secara otomatis riwayat percakapan WhatsApp yang tadinya ada di iPhone, kini sudah berpindah dan bisa diakses di ponsel Android yang baru.

https://tekno.kompas.com/read/2021/10/28/07240077/fitur-transfer-chat-whatsapp-dari-iphone-hadir-di-android-12

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke