Salin Artikel

Internet 4G di Indonesia Ternyata Lebih Kencang daripada Wi-Fi

Namun, untuk urusan kecepatan, rata-rata jaringan Wi-Fi di Indonesia ternyata tidak sekencang koneksi internet seluler 4G LTE. Hal tersebut diungkapkan oleh sebuah laporan dari lembaga riset mobile OpenSignal.

Menurut laporan yang diterima KompasTekno, Jumat (29/10/2021) itu, riset yang digelar OpenSignal pada periode 1 Juli - 28 September 2021 menemukan bahwa kecepatan download rata-rata dari layanan 4G di Indonesia adalah 15,1 Mbps.

Angka tersebut 25 persen lebih tinggi dibandingkan kecepatan rata-rata download melalui  jaringan Wi-Fi di Tanah Air, baik di tempat publik maupun privat seperti kantor dan rumah, yang sebesar 12 Mbps.

Kecepatan rata-rata download 4G di beberapa wilayah di Indonesia dalam riset OpenSignal tercatat lebih tinggi dibandingkan jaringan Wi-Fi.

Meski demikian, pebedaan kecepatannya bervariasi.Di wilayah Papua Barat, misalnya, kecepatan rata-rata download 4G 58 persen lebih kencang dibanding jaringan Wi-Fi.

Sementara itu, kecepatan rata-rata download 4G juga 53 persen lebih tinggi dari Wi-Fi di wilayah Kalimantan, 51 persen di Jawa Timur, serta 39 persen lebih cepat di Sulawesi.

Menariknya, selisih kecepatan 4G dan Wi-Fi di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat tak terlalu signifikan. Kecepatan 4G di masing-masing provinsi itu hanya berselisih persen, 6 persen, dan 10 persen di atas Wi-Fi.

Adapun kecepatan rata-rata download 3G di sejumlah wilayah besar di Indonesia, yang jumlahnya ada 12 wilayah, masih jauh lebih rendah dibandingkan kecepatan Wi-Fi, yaitu hanya berkisar di angka 4,2 - 6,5 Mbps.

Riset OpenSignal selengkapnya mengenai pengalaman kecepatan download 4G, WiFi, MiFi, dan 3G di Indonesia bisa disimak di tautan berikut ini.

https://tekno.kompas.com/read/2021/10/29/11390047/internet-4g-di-indonesia-ternyata-lebih-kencang-daripada-wi-fi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.