Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Microsoft Disebut Siapkan Windows 11 SE untuk Saingi Chromebook

KOMPAS.com - Setelah merilis sistem operasi (OS) Windows 11 ke publik pada awal Oktober lalu, muncuk kabar yang menyebutkan bahwa Microsoft bakal meluncurkan varian lain dari OS anyar tersebut.

Konon, OS itu bakal bernama Windows 11 SE yang diprediksi bakal menjadi pesaing dari ChromeOS, sistem operasi besutan Google yang digunakan di perangkat laptop Chromebook.

Sama seperti Chromebook pada umumnya, perangkat berbasis Windows 11SE konon bakal ditujukan untuk segmen edukasi dan bakal dibanderol dengan harga terjangkau.

Selain Windows 11SE, Microsoft kabarnya juga sedang menyiapkan laptop baru bernama Surface Laptop SE yang akan hadir dengan sistem operasi tersebut.

Berdasarkan rumor yang beredar, Surface Laptop SE dengan OS Windows 11 SE bakal dibekali dengan layar 11,6 inci dengan resolusi 1.366 x 768 piksel.  Performa laptop itu disinyalir bakal mengandalkan prosesor (CPU) Intel Celeron N4120 dan RAM hingga 8 GB.

Pada sektor konektivitas, Surface Laptop SE kabarnya bakal dibekali dengan konektor USB-A dan USB-C, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Jumat (29/10/2021).

Belum bisa dipastikan apakah rumor Windows 11 SE serta Surface Laptop SE ini akurat atau tidak. apabila benar-benar menyasar segmen pendidikan, maka perangkat tersebut tampaknya harus memiliki fitur yang bersaing dengan Chromebook dengan ChromeOS.

Terkait segmen edukasi, Microsoft sendiri sebelumnya sempat meluncurkan Surface Go dengan fitur S Mode yang ditargetkan bagi para pelajar. Banderolnya 400 dolar AS atau sekitar Rp 5,6 juta.

Harga Surface Laptop SE, apabila benar-benar diluncurkan Microsoft, agaknya bakal berkisar di angka tersebut.

https://tekno.kompas.com/read/2021/10/29/16010077/microsoft-disebut-siapkan-windows-11-se-untuk-saingi-chromebook

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke