Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Selain Facebook, 3 Perusahaan Teknologi Ini Juga Pernah Ganti Nama

Nama baru Facebook Inc. adalah Meta Platforms Inc. Seluruh merek "Facebook Inc." yang sebelumnya dipasang di laman resmi, media sosial, hingga logo pun sudah diganti menjadi "Meta" dengan logo mirip simbol infinity (tanpa batas).

Bila menengok kebelakang, ternyata ada beberapa perusahaan teknologi beken lainnya yang pernah melakukan hal serupa. Selengkapnya adalah sebagai berikut, seperti dihimpun KompasTekno dari CNBC, Sabtu (30/10/2021).

1. Google

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, Google mulai memiliki produk lain dan merambah ke bisnis-bisnis baru. Sebelum tahun 2015, Google bagaikan perusahaan induk dari semua produk dan unit usahanya.

Pada Agustus 2015, Larry Page yang kala itu menjabat sebagai CEO Google, mengumumkan restrukturisasi dengan perusahaan induk baru bernama Alphabet.

Google pun berubah menjadi salah satu unit usaha Alphabet, setingkat dengan bisnis-bisnis lainnya yang tak terlalu terkait erat dengan bisnis utama Google seperti riset penuaan Calico, rumah pintar Nest, dan penyedia layanan internet Fiber.

Pengembangan bisnis yang dikenal dengan Google Ventures, Google Capital, dan Google X yang mencakup proyek mobil tanpa sopir, juga berpindah di bawah naungan Alphabet sebagai usaha-usaha sendiri.

Sementara itu, Google menangani bisnis "tradisional" yang selama ini memang menjadi andalannya, seperti mesin pencari, iklan, peta, YouTube, Android, dan Chrome.

Aplikasi jejaring sosial Snapchat pertama kali diluncurkan pada September 2011 di bawah naungan Snapchat Inc.

Aplikasi yang didirikan oleh Evan Spiegel, Bobby Murphy, dan Reggie Brown ini boleh dibilang menjadi media sosial pertama yang menyediakan layanan berbagi video dan foto.

Tak heran, sejak kemunculannya di tahun 2011, Snapchat bertransformasi menjadi salah satu media sosial paling populer. Bahkan, Facebook dan Instagram ikut menjiplak fitur populer Snapchat melalui fitur Instagram Stories dan Facebook Stories.

Sukses dengan media sosial, Snapchat juga ingin merambah ke bisnis produksi lain, yaitu kacamata pintar Spectacles.

Snapchat Inc. memilih mengganti nama perusahaan menjadi Snap Inc pada September 2016. Sejak saat itu, Snap Inc. menjadi perusahaan induk dari aplikasi Snapchat dan unit usaha kacamata Spectacles.

Sebelum menggunakan nama, Apple Inc., perusahaan rintisan Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ronald Wayne ini menggunakan nama Apple Computer Company saat pertama kali didirikan tahun 1976.

Namun, nama itu hanya bertahan satu tahun. Sebab pada 1977, nama perusahaan diganti menjadi Apple Computer Inc. Kata "komputer" digunakan dalam nama perusahaan karena memang Apple awalnya memproduksi komputer.

Pada 2007, nama Apple Computer Inc diganti lagi. Kali ini menjadi lebih singkat, Apple Inc. Perubahan nama perusahaan Apple yang kedua ini dilakukan saat Apple meluncurkan produk ponsel pertamanya pada 2007, yaitu iPhone.

Kala itu, Jobs mengumumkan bahwa  kata "Komputer" sengaja dihilangkan untuk lebih mencerminkan langkah perusahaan ke bidang elektronik konsumen yang lebih luas.

"Mac, iPod, Apple TV, dan iPhone. Hanya salah satunya adalah komputer. Jadi kami ganti nama," kata Jobs.

https://tekno.kompas.com/read/2021/10/30/10090067/selain-facebook-3-perusahaan-teknologi-ini-juga-pernah-ganti-nama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke