Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Ganti Ukuran Huruf WhatsApp di Android dan iPhone

Tidak berlebihan pula jika menyebut WhatsApp telah menggantikan fungsi SMS sebagai alat komunikasi berbasis teks.

Karena itulah, kenyamanan pengguna dalam membaca WhatsApp perlu diperhatikan. Salah satu yang bisa membuat pengguna nyaman adalah ukuran huruf yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Ukuran huruf di WhatsApp sejatinya bisa diganti sesuai kehendak. Cara ganti ukuran huruf di WhatsApp pun tergolong mudah.

Ukuran huruf di WhatsApp atau WA harus terlihat jelas agar pengguna bisa membaca pesan dengan mudah. Secara default, ukuran huruf atau font WhatsApp berada pada setting-an sedang.

Namun, tidak semua mata nyaman dengan ukuran ini. Agar pesan terbaca dengan jelas, pengguna bisa memperbesar ukuran huruf WhatsApp. Akan tetapi, tidak menutup kemugkinan ada pengguna yang lebih nyaman dengan tampilan font yang lebih kecil.

Cara ganti ukuran huruf WhatsApp di Android

Cara ganti ukuran huruf WhatsApp di Android dan iPhone berbeda. Untuk Android, cara ganti ukuran huruf WA bisa dilakukan dengan langkah berikut:

Masing-masing merek ponsel Android akan berlaku langkah yang agak berbeda. Tapi kemungkinan, secara keseluruhan langkah utamanya hampir mirip.

Di tutorial kali ini, KompasTekno menggunakan perangkat Android Galaxy Note 9 dengan antarmuka One UI 2.5 berbasis Android 11. Berikut cara mengubah ukuran huruf WhatsApp secara keseluruhan di ponsel Android:

  1. Buka menu "setting/pengaturan" di iPhone
  2. Klik "display & brightness/tampilan dan kecerahan
  3. Klik "text size/ukuran teks"
  4. Geser slider untuk mengubah ukuran teks

Cara tersebut hanya akan mengubah ukuran huruf WA di ruang obrolan. Seperti halnya di Android, jika ingin mengubah ukuran font WhatsApp secara keseluruhan harus melalui pengaturan di perangkat dengan cara berikut:

  1. Buka menu setting/pengaturan.
  2. Klik general/umum.
  3. Klik accessibility/aksesibilitas.
  4. Pilih larger text/teks yang lebih besar.

Sedikit catatan bagi pengguna iPhone, apabila ukuran huruf berubah secara keseluruhan, foto profil dan ikon grup di WhatsApp tidak akan terlihat.

https://tekno.kompas.com/read/2021/11/01/13200017/cara-ganti-ukuran-huruf-whatsapp-di-android-dan-iphone

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke