Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga Sempat Meroket, Kripto Squid Game Berujung Penipuan

Namun, kripto yang terinsipirasi dari serial Netflix Squid Game ini diperdagangkan dengan harga 0 dollar AS pada Senin (1/11/2021) waktu setempat. Media teknologi Gizmodo menyebut anjloknya harga kripto ini disebabkan adanya pencurian yang disebut "rug pull".

Rug pull adalah sebuah tindakan penipuan yang dilakukan di dunia kripto, di mana pembuat kripto membuat proyek palsu dan kemudian membawa kabur dana yang ia peroleh dari investor.

Dalam kasus ini, pihak pembuat koin kripto Squid Game mencairkan koin mereka dan menukarkan dengan uang sungguhan.

Diperkirakan para pembuat kripto Squid Game mengantongi sekitar 2,1 juta dollar AS (sekitar Rp 29,9 miliar) dari pencurian ini.

CoinMarketCap mencatat, sebelum adanya aktivitas rug pull ini, kapitalisasi pasar uang kripto Squid Game bahkan berada di atas 2 juta dollar AS.

Saat pertama kali hadir, kripto Squid Game ini mengundang perhatian publik. Tak sedikit dari trader yang berbondong-bondong menginvestasikan dana mereka untuk membeli mata uang kripto dengan logo cumi-cumi ini.

Mulanya, SQUID meluncur pada Oktober dengan harga sebesar 0,01 dollar AS. Hanya dalam waktu singkat, nilai koin ini meroket seketika dan menyentuh harga tertinggi 2.861 dollar AS (sekitar Rp 40,7 juta)

Namun euforia tersebut tidak berlangsung lama. Pada pukul 5.40 pagi waktu setempat, nilai koin tersebut mendadak merosot ke level 0,003222 dollar AS, sebagaimana dikutip KompasTekno dari CNN, Selasa (2/11/2021).

Situs ini terbilang janggal karena memiliki banyak kesalahan ejaan dan penulisan pada kalimat yang tertera di dalamnya.

SquidGame.cash juga masih tergolong sebagai website baru, sebab baru diresmikan pada 12 Oktober lalu, terpaut dua minggu sejak kemunculan koin SQUID.

Hal janggal lainnya terdapat pada akun Telegram dan Twitter yang mengiklankan koin SQUID. Kedua akun tersebut tidak mengizinkan pengguna lain untuk memberikan komentar di unggahan.

Di luar dua faktor tersebut, terdapat satu aspek yang paling mencurigakan. Pengguna diberikan akses untuk membeli koin SQUID, namun tidak dapat menjualnya.

Situs SquidGame.cash bahkan menjanjikan adanya permainan Squid Game yang akan diluncurkan dalam beberapa waktu mendatang.

Nyatanya permainan tersebut tidak akan dilaksanakan dalam waktu dekat, sebab pihak pembuat koin sudah melarikan diri dengan semua uang milik investor.

https://tekno.kompas.com/read/2021/11/02/19310077/harga-sempat-meroket-kripto-squid-game-berujung-penipuan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke