Salin Artikel

Foto Link Instagram Kembali Muncul di Twitter

Fitur link preview ini memungkinkan pengguna untuk melihat pratinjau foto atau video dari link Instagram yang dibagikan di Twitter, secara langsung di timeline Twitter. Bentuknya mirip seperti jendela pratinjau dari artikel-artikel berita yang dibagikan di Twitter.

Sebelumnya, fitur pratinjau ini sempat tersedia di Twitter, namun dihilangkan oleh Twitter saat Instagram diakuisisi Facebook (sekarang Meta) pada 2012. Twitter kemudian hanya menampilkan link URL postingan Instagram saja.

Kabar pratinjau postingan Instagram yang kembali di Twitter ini diumumkan langsung oleh Instagram melalui akun Twitter resminya dengan handle @instagram.

"Pratinjau (Instagram) di Twitter mulai diluncurkan hari ini," tweet @instagram.

Twitter juga ikut mengabarkan kehadiran fitur ini melalui akun resminya dengan handle @TwitterSupport. Dalam sebuah tweet, Twitter mengatakan bahwa fitur link preview Instagram ini diluncurkan untuk platform Twitter Android, iOS, dan web.

Hal ini terbilang merepotkan bagi pengguna yang hanya ingin melihat isi link Instagram itu secara sekilas. Sebab, pengguna yang "kepo" harus mengklik link Instagram itu dan berpindah ke situs Instagram untuk bisa melihat isi posting tersebut.

Namun sekarang dengan diluncurkannya fitur link preview, jendela pratinjau foto atau video dari link Instagram otomatis muncul di timeline Twitter.

Dalam gambar yang dibagikan oleh @instagram di Twitter, jendela prantinjau link Instagram ini akan memuat username, jenis posting Instagram (Reels, dll), dan preview foto atau video.

Pantauan KompasTekno, Kamis (4/11/2021) pagi, fitur link preview Instagram ini belum rata tersedia untuk seluruh pengguna Twitter.

Sebab, saat dicoba, link Instagram yang dibagikan dalam tweet kami belum menampilkan jendela pratinjau, alias masih menampilkan teks URL saja seperti biasanya.

Kemungkinan besar, fitur link preview Instagram ini digulirkan secara bertahap dan membutuhkan beberapa hari hingga tersedia untuk seluruh pengguna Twitter.

Kevin Systrom, pendiri dan mantan CEO Instagram, mengatakan bahwa keputusan itu adalah murni darinya, bukan dari CEO Meta Mark Zuckerberg, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Kamis.

Akhirnya setelah 9 tahun, fitur pratinjau posting Instagram ini hadir lagi di Twitter.

https://tekno.kompas.com/read/2021/11/04/10030017/foto-link-instagram-kembali-muncul-di-twitter

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.